Update Covid-19 Belitung, Sudah 51 Orang Meninggal Dunia

by -
Update Covid-19 Belitung, Sudah 51 Orang Meninggal Dunia
Ilustrasi pemakaman pasien Covid-19.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kasus kematian akibat virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Belitung sudah mencapai 51 orang. Hal itu sesuai perkembangan penanganan Covid-19 yang disampaikan Direktur RSUD dr H Marsidi Judono dr. Hendra, Sp.An melalui Kabag Tata Usaha Ika Harniati.

“Pasien terkonfirmasi Covid-19, yaitu Tn TU usia 76 tahun dengan alamat Jl Patimura Tanjungpendam, telah meninggal dunia pada Selasa 1 Juni 2021 pukul 09.44 WIB di Ruang Isolasi A RSUD dr H Marsidi Judono. Tn TU merupakan pasien ke 51 yang meninggal karena Covid-19,” terang Ika dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Ika, pasien Tn TU datang ke ruang Isolasi A RSUD dr H Marsidi Judono pada tanggal 19 Mei 2021 dengan swab antigen positif rujukan IGD RSUD tersebut. Adapun pasien terdapat gejala-gejala klinis Covid-19 disertai penyakit komorbid dan mengalami penurunan kesadaran.

“Pada hari perawatan hari ke-7 kondisi pasien membaik lalu dipindahkan ke ISO B. Tapi hari ke-10 kondisi pasien kembali memburuk, sehingga pindahkan lagi ke ISO A. Selanjutnya di hari ke-14 kondisi pasien semakin memburuk hingga mengalami henti jantung dan dilakukan tindakan pijat jantung,” jelasnya.

“Dengan meningkatnya kasus penularan Covid-19 di Belitung, kami mengajak senantiasa patuh terhadap protokol kesehatan di era adaptasi kebiasaan baru. Sehingga demikian, kita dapat memutus rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Belitung,” tandas Ika.

Sementara itu, rincian kasus Covid-19 juga bisa dilihat di website https://covid19.belitung.go.id/ yang merupakan portal resmi pusat informasi milik Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung. Berdasarkan update data Rabu tanggal 1 Juni 2021 hingga pukul 11.13 WIB, jumlah pasien aktif Covid-19 sebanyak 99 orang.

Adapun rinciannya yang masih menjalani perawatan di RSUD ada 13 orang, isolasi SKB ada 10 orang serta Isolasi Mandiri 76 orang. Untuk total keseluruhan kasus pasien positif Covid-19 di Belitung mencapai 2.429 orang.

Angka ini terhitung sejak bulan Maret 2020 lalu atau kali pertama Covid-19 masuk ke Belitung dan penggabungan antara hasil PCR dengan Antigen sesuai keputusan Menteri Kesehatan RI. Sementara jumlah pasien sembuh atau selesai isolasi sebanyak 2.280 orang, sedangkan positif hari ini 8 orang. (dod)