Urang Belitong Raih Gelar Profesor

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

foto kanan 1-prof dedi rosadi

TANJUNGPANDAN-Salah satu putra terbaik Belitong, Selasa (24/2) hari ini, mencatatkan sejarah baru dalam dunia pendidikan Indonesia. Dan apa yang diraih Putra asli Gantong, Belitung Timur  ini tentunya membanggakan bagi masyarakat Pulau Belitong.
Dia adalah Prof. Dr. rer.nat Dedi Rosadi, S.Si., M.Sc, yang juga Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada (FMIPA UGM) Yogyakarta.
Pria kelahiran Belitung, 20 Desember 1974 alumnus SMAN 1 Manggar itu dikukuhkan sebagai Profesor dalam sebuah Rapat Senat Univeristas Gadjah Mada Yogyakarta, di Balai Senat UGM, hari ini.  Judul Pidato Pengukuhan sang Profesor yakni, “Ekonometrika Keuangan dan Aplikasi untuk Pemodelan Data Keuangan Indonesia.”
Dengan diraihnya gelar Profesor ini, maka Prof Dedi Rosadi merupakan urang Belitong kedua yang menyandang gelar profesor kedua di Pulau Belitung setelah Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra, S.H., M.Sc.,  Semasa kuliah S1 di Prodi Statistika, Jurusan Matematika, FMIPA UGM, sosok Dedi Rosadi dikenal sebagai mahasiswa yang kutu buku. Ibarat, tiada hari tanpa membaca buku. Tak mengherankan, karir pendidikan lulusan SDN 1 Gantong dan SMPN 1 Gantong ini termasuk mulus.
“Semasa kuliah S1, beliau memang kutu buku benar. Kerja keras, ketekunan dan istikomah yang dijalankan Pak Profesor telah membuahkan hasil,’’ ujar Febri, rekan satu rumah saat kost di kawasan Kricak, Jalan Magelang Yogyakarta seperti dituturkan kepada Belitong Ekspres.
Sebagai anak asli Belitong, apa yang diraih Profesor Dedi Rosadi ini mampu membanggakan bagi kedua orang tuanya yang sudah menghadap Sang Khaliq. Beliau adalah Madris (Alm.) dan Maimunah (Almh.) Saat ini, Profesor Dedi Rosadi dikaruniani dua anak atas pernikahannya dengan Heni Wahyuni, S.E., M.Ec., Ph.D, yang kini menjabat Dosen Fakultas Ekonomi UGM. Putri pertama diberi nama Rahmatullah Putri Rosadi dan putra kedua diberi nama Rafi Putra Rosadi.
Profesor penghobi wisata kuliner khussunya Ikan Cempedik dan Baong ini, menyelesaikan S2 di University of Twente, Enschede, The Netherlands, tahun 1999 dengan Bidang Studi Statistika di Bidang Teori Antrian dan Terapannya. Lantas, Studi S3 diselesaikan di Technische Universität Wien (Vienna University of Technology), Vienna, Austria tahun 2004 Bidang studi Statistika, Spesialisasi di bidang Ekonometri dan terapannya untuk Finance.
Warga masyarakat Pulau Belitung pantas berbangga dengan apa yang diraih salah satu putra terbaik Belitong ini. Diharapkan, akan menyusul calon-calon profesor dari Belitong yang mampu mengharumkan nama daerah asalnya.
Informasi yang diterima Belitong Ekspres, Wakil Gubernur Bangka Belitung Hidayat Arsani, dijadwalkan akan hadir dalam prosesi pengukuhan Profesor yang sudah melakukan berbagai penelitian, baik dari tingkat universitas, nasional hingga level internasional. Selamat Prof! (***)

Baca Juga:  Aplikasi Belitong Geopark Jawab Revolusi Industri 4.0
Rate this article!
Tags:
author

Author: