Usai ke Bali-Lombok, Dipanggil DPRD

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*DPRD Minta Penjelasan Hasil Kunjungan Kerja

TANJUNGPANDAN-Peran DPRD dalam mengontrol jalannya pemerintahan kali ini benar-benar dilakukan. Usai melakukan kunjungan ke Bali dan Lombok, sejumlah pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung termasuk Kepala Dinas Irpani Maurani, dipanggil oleh para wakil rakyat. Pertemuan Komisi III DPRD dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Rabu (25/3), kemarin dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Belitung Isyak Meirobie
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung Irpani Maurani usai rapat kepada Belitong Ekspres mengatakan, pihaknya berjanji akan berupaya memajukan kualitas pendidikan di Kabupaten Belitung. “Dari hasil kunjungan kerja kami di Bali dan Lombok belum lama ini, kami ingin Kabupaten Belitung, paling tidak bisa mencontohkan seperti kemajuan pendidikan di daerah tersebut. Terutama di bidang  pendidikan,” kata Irpani Rabu (25/3) kemarin kepada BE.
Irpani berharap dari hasil kunjungan ke luar daerah dapat menjadi acuan untuk Belitung. Pada gilirannya, mendapat dukungan dari Komisi III DPRD Belitung selaku mitra pemerintah. “Kunjungan kami ke luar daerah belum lama ini, banyak hal. Seperti misalnya untuk melihat sekolah sehat, sekolah adiwisata dan lain sebagainya,” ucapnya.
Ditanya soal kedatangan para pejabat di Dinas Pendidikan ke DPRD Belitung Rabu (25/3) siang kemarin, mantan pendidik di SMK Belitung ini menjawab, Komisi III DPRD Belitung memanggil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Belitung hanya meminta penjelasan hasil kunjungan kerja saja.
“Sebab, mereka adalah wakil rakyat. Jadi, masih wajarlah. Dan masyarakat perlu juga mengetahuinya. Apalagi, sekarang ini, kan, sudah era-nya keterbukaan informasi. Jadi, gak ada lagi yang harus ditutup-tutupi,” paparnya usai rapat.
Irpani berharap agar ke depan, Dindikbud Belitung akan selalu membangun komunikasi secara intensif  lagi.  “Saya rasa, ini hanya masalah mis komunikasi saja. Tak ada persoalan apapun.  Hasil penjelasan kami bisa diterima oleh kawan-kawan Komisi III DPRD Belitung.” tandasnya sambil berlalu.
Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Belitung Isyak Meirobie sebagai pemimpin rapat tersebut mengatakan, sebagai salah satu unsur pimpinan DPRD Kabupaten Belitung dan Komisi III meminta, agar dinas pendidikan memperbaiki pola komunikasi dengan DPRD Belitung. “Khususnya dalam rencana kerja dinas pendidikan secara berkala. Agar dapat kami evaluasi dan supervisi agar kebijakan dan anggaran sejalan,” jelasnya kepada BE Rabu (25/3) kemarin.
Politikus NasDem Belitung ini mengharapkan, kunjungan studi banding dinas beberapa waktu lalu mendampingi MKKS (musyawarah kerja kepala sekolah) ke Bali dan Lombok, harus membawa hasil signifikan bagi perbaikan kualitas pendidikan di Belitung. “Masyarakat zaman sekarang menanti aksi pemerintah orientasinya ke mana. Tidak hanya soal akuntabilitas keuangan dan kinerja yang bisa dipertanggungjawabkan.  Pertanggungjawaban moral kepeda publik pun menjadi sangat penting,” tegasnya.
Dalam kesempatan tersebut, Isyak meminta agar dinas dan MKKS dapat menyampaikan bule print (cetak biru,red) terkait rencana mereka terhadap pendidikan di Belitung. “Mau seperti apa ke depannya, tantangan, masalah, solusi dan rencana aksinya. Agar DPRD Belitung bisa mengawal dan memastikan pastikan  berjalan dengan baik,” tandasnya.
Wakil Ketua Komisi III DPRD Belitung Mintet menambahkan, Komisi III DPRD Belitung melakukan pemanggilan terhadap pihak dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Belitung terkait munculnya laporan dan pengaduan masyarakat atas keberangkatan pihak kepala sekolah ke Bali dan Lombok.
“Intinya, kami hanya mau mendengarkan penjelasan dari mereka (pihak Dinas dan Kepala Sekolah,red) pasca studi banding mereka. Dan tidak ada masalah apa-apa. Hanya yang perlu dilakukan adalah menjaga hubungan dan komunikasi lebih baik lagi,” kata Mintet.
Sebab, menurutnya, apa yang telah diprogramkan oleh pihak dinas dan kepala sekolah sesungguhnya bertujuan positif. Apalagi demi kemajuan dan peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Belitung. (mg2)

Rate this article!
author

Author: