Usai Mabuk di Tanjungpendam, Curi Uang

by -

KRIMINAL

TANJUNGPANDAN-Dua pemuda digebuki massa lantaran kepergok mencuri uang di warung milik Sobrie (55) di Jalan Raya Badau RT 05 RW 02, Minggu (20/3) lalu, sekitar pukul 17.00 WIB. Kabarnya, dua pemuda nekad ini habis pesta miras di kawasan Pantai Tanjungpendam.
Berdasarkan informasi yang dihimpun Belitong Ekspres menyebutkan, pada saat itu kedua pelaku yang diketahui bernama Surya Thomas (19) warga Jalan Trem Manggar dan Rendi Okto (21) warga Jalan Ahmad Yani Gantung Belitung Timur datang ke lokasi berpura-pura membeli bensin.
Setelah membeli bensin, pelaku kembali ke tempat semula untuk memberi bensin lagi. Setelah itu, pelaku berusaha masuk ke warung untuk mengambil uang. Sayangnya, aksi tersebut diketahui salah satu warga, hingga akhirnya kedua pemuda asal Beltim ini digebuki massa hingga babak belur.
Kapolsek Tanjungpandan Kompol Andi Rahmadi SIK HM membenarkan adanya informasi tersebut. Menurutnya, modus pelaku melakukan aksinya dengan pura-pura membeli bensin sebanyak dua kali. Kedua pelaku masuk kedalam rumah.
“Kemungkinan, saat membeli bensin yang pertama, pelaku sudah merencanakan dan yang kedua baru meraka (Surya dan Rendy,red) melakukan aksinya, dan kepergok oleh warga,” kata Kapolsek Tanjungpandan kepada Belitong Ekspres, Senin (21/3) kemarin.
Dijelaskan Kompol Andi, keduanya sempat menjadi bulan-bulanan massa. Beruntuk salah satu warga berhasil meredam, sehingga kedua pemuda ini dibawa ke Polsek Tanjungpandan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.
“Pelaku sudah kami tahan. Saat ini, kami masih melakukan penyidikan terhadap pelaku. Barang bukti saat ini yang kami amankan motor korban, dan sejumlah uang hasil curiannya sebesar Rp 400 ribu,” ujarnya.
“Saat melakukan perbuataannya pelaku mengaku sedikit tidak sadar. Sebab, saat itu mereka habis melakukan pesta minuma keras di Pantai Wisata Tanjungpendam,” sambunnya.
Sementara itu, Surya Thomas membenarkan apa uang diungkapkan Kapolsek Tanjungpandan. Menurutnya, saat peristiwa itu dia tidak sadar lantaran usai meneguk dua kampil arak di Tanjungpendam.
“Sebelumnya kami membeli arak di Tanjungpandan, setelah itu kita minum di Tanjungpendam. Saat pulang, kami kehabisan uang, makanya saya mencuri uang di toko itu,” ujar Surya didampinggi Rendi sambil mengeluh kesakitan.
Dijelaskan keduanya, saat itu sudah direncanakan untuk mengambil uang itu. “Saat pemilik lengah kami masuk, dan mengambil uang di rak tempat uang yang ada di dalam warung milik bapak itu (Sobrie,red),”pungkasnya (kin)