Usul Nama Pimpinan PT Timah

by -

PANGKALPINANG – Forum Peduli Kampung Kite (PEKKA) Bangka Belitung (Babel), Kamis (26/2) mendatangi kantor DPRD. Dihadapan anggota dewan yang dipimpin Wakil Ketua Amri Cahyadi dan Hendra Apollo, PEKKA mengusulkan beberapa nama untuk duduk di jajaran komisaris dan direksi PT Timah (persero) Tbk.
“Kami ingin putra daerah yang pimpin perusahaan BUMN ini. Usulan ini juga sudah disampaikan ke Gubernur hingga Presiden Joko Widodo,” kata Ketua Forum PEKKA Babel, Zakaria dihadapan anggota dewan di ruang Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Babel.
Menurut Zakaria, saat ini kondisi perusahaan plat merah itu sudah memprihatinkan. Bahkan minim memberikan kontribusi besar kepada daerah. “Visi misi PT Timah, selain mencari keuntungan diharapkan dapat memberikan kesejahteraan bagi daerah, khususnya masyarakat Babel. Tapinya nyatanya miris. Banyak kezholiman yang terjadi, dan dirasakan oleh mantan karyawan perusahaan itu,” bebernya.
Zakaria juga menyampaikan nama untuk duduk di jajaran komisaris dan direksi, diantaranya Tarman Azzam, Irjen Pol (Purn) Chairul Rasyidi, Abdullah Maruf, Saeful Bahri, Safari, Saviat untuk jajaran direksi. Lalu Zuristyo Firmadata, Suhardi, Danil Hamid, Usbandi Ardesa, Suryadi Saman, dan Kemas Danial, untuk jajaran direktur.
“Nama nama ini merupakan rembuk bersama Forum PEKKA Babel. Untuk itu kami mendesak untuk segera dilaksanakan RPUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) luar biasa dalam menindaklanjuti permasalahan di PT Timah yang tidak mampu untuk meningkatkan harga timah dan memberikan kesejahteraan lebih bagi Babel,” jelasnya.
Di sisi lain, Sekretaris Forum PEKKA Babel Saeful Bahri mengungkapkan, hal ini bukan suatu bentuk kebencian pihaknya kepada PT Timah, melainkan keinginan pihaknya agar ada perubahan di jajaran PT Timah ke depan. “Kita bukan benci PT Timah-nya, tetapi manajemen yang mengelolanya. Di sini kami menyampaikan aspirasi untuk menghentikan jabatan komisaris dan direksi diduduki oleh orang luar, kami menginginkan putra daerah,” tambahnya.
Sementara Wakil Ketua DPRD Babel, Amri Cahyadi mengaku, DPRD mendukung keinginan dari Forum PEKKA, dan segera ditindaklanjuti untuk disampaikan ke Gubernur Babel, Rustam Effendi. “Ini juga ternyata sudah dilakukan oleh Gubernur. Surat ke Kementerian BUMN sudah dilayangkan oleh gubernur untuk meminta segera dilakukan RUPS,” jelasnya. (iam)