Utang Kepada Mitra Rp19,6 M

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

KOBA – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Syamsuhairil mengungkapkan utang pihak PT Koba Tin kepada mitra kerjanya mencapai sekitar Rp19,6 miliar.
“Angka sebesar itu berdasarkan bukti tagihan yang disampaikan para mitra perusahaan peleburan bijih timah itu kepada kami,” ujarnya, Selasa (17/2).
Ia menjelaskan, tagihan utang sebesar belasan miliar tersebut berasal dari 27 mitra yang disampaikan kepada pihak legislator yang jumlah masing-masingnya berbeda. “Sebelumnya kami memang sempat meminta kepada mitra PT Koba Tin untuk mengumpulkan bukti tagihan utang sebagai bukti yang kuat untuk pencairannya,” ujarnya.
Ia menjelaskan, kontrak karya PT Koba Tin sudah tidak diperpanjang lagi dan perusahaan peleburan timah tersebut diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah untuk menjalankannya. Namun demikian, manajemen PT Koba Tin yang dipimpin Presiden Direktur Kamardin M Top masih meninggalkan kewajiban yang belum dipenuhi kepada mitra kerjanya yaitu berupa utang yang mencapai miliaran rupiah.
“Kami sudah berupaya membantu para mitra untuk mendapatkan haknya dan kami sudah sempat mendatangi Kementerian ESDM membahas persoalan ini, namun belum membuahkan hasil,” ujarnya.
Pihaknya juga sudah mengundang Kamardin M Top untuk membicarakan persoalan utang kepada mitra tersebut namun yang bersangkutan tidak hadir sesuai jadwal yang ditetapkan. “Padahal kami ingin memfasilitasi persoalan ini, dibicarakan baik-baik dan dicari solusi terbaik untuk menyelesaikan persoalan tersebut,” ujarnya, seraya akan mempertanyakan pencairan dana jaminan penutupan lahan yang rusak (Jamtup) sebesar Rp7,5 juta.(ant/rb)

Rate this article!
author

Author: