Veri Yadi: 5 Warisan Geologi Dunia Modal Kuat Bagi Belitong Menjadi UGGp

by -

Pertama Veri menjelaskan, Morfologi Granite Tanjung Pandan. Granit Tanjung Pandan merupakan gugusan batu granite yang merupakan gugusan dari ujung Southeast Asian Granite Belt. Batu granite ini berusia mutlak 218 juta tahun berdasarkan Analisa pembobotan K-Ar dan dibandingkan hasilnya dengan Analisa R-Sb dari mineral Hornblende/Biotite yang terkandung pada batuan graint tersebut (Priem et al, 1977).

“Batuan ini membentuk susunan batuan yang eksotis di pesisir pantai yang memberikan suguhan panorama yang indah. Susunan batuan tersebut merupakan proses TOR lingkungan pantai yang memiliki nilai geologi warisan dunia (Komoo, 2017),” jelasnya.

Kedua Mineral Timah Open Pit Nam Salu Kelapa Kampit. Mineral merupakan salah satu parameter utama dalam upaya melakukan penilaian terhadapa warisan geologi Internasional. Nam Salu Open Pit merekam sejarah penemuan timah terkaya di Asia Tenggara untuk satu lokasi yang ditemukan oleh PT. Broken Hill Proprietary tahun 1975.

Ketiga, Batu tektites di Garumedang Dama. Tektites merupakan batuan luar angkasa yang jatuh ke bumi. Tektites Belitong dikenal dengan Billitonite mempunyai khas dengan kandungan NiO terbesar di dunia serta memiliki alur – alur sebagai pembeda dari jenis tektites lainnya. Billitonite termasuk bagian dari Australasian Strewn Field tipe layered atau stratified.

Keempat Struktur Sungai Lenggang. Menurut Veri Sungai Lenggang merupakan sungai purba yang merekam peristiwa pergeseran Lempeng Sundaland yang dari Austalia menuju posisi sekarang pada era Kenozoikum. Peristiwa ini ditandai dengan widespread rifting process yang besar di Kawasan Asia Tenggara, sehingga membentuk rawa – rawa Rheotropic.

“Peristiwa Kenozoikum juga merekam pembentukan Batubara di Kawasan Asia Tenggara dan ditemukan jejak – jejak gambut di dasar Sungai Lenggang. Warisan geologi ini diikuti dengan ditemukan warisan hayati dunia seperti ikan Arwana yang bergerak dari Lempeng Australia menuju Sundaland & Amerika Latin,” jelasnya lagi.

Kelima atau yang terakhir adalah Struktur Samudra Purba Siantu. Tanjung Siantu merekam jejak Gunung Api Purba Bawah Laut. Namun, warisan dunia Siantu terletak pada ditemukannya jejak – jejak Samudra Purba dalam Palaeo Tethys yang muncul jaman Devon dan menghilang jaman Trias. Bagian Timur merupakan bagian dari Indochina dan Barat adalah Sibumasu merupakan lempeng yang berada di sekitar Samudra Purba yang hilang.