Veri Yadi: 5 Warisan Geologi Dunia Modal Kuat Bagi Belitong Menjadi UGGp

by -

“Kelima warisan geologi tersebut merupakan modal yang kuat buat Belitong menjadi UGGp. Namun, nilai warisan tersebut harus menggambarkan kaitan yang erat dengan kehadiran flora dan fauna serta kaitannya dengan warisan budaya,” tukas Veri.

Nilai – nilai tersebut lanjutnya, harus diajarkan ke pengelola kawasan dilengkapi dengan fasilitas papan narasi, panel, brosur, video, serta alat komunikasi lainnya untuk memudahkan pengunjung menjaga kawasan tersebut. Termasuk, berapa geosite sudah ada papan narasi dan akan ditambah dengan brosur, serta panel – panel deskripsi keunikan tiap – tiap spot di geosite sebagai bagian dari geowisata.

“Selanjutnya, yang harus disiapkan akses untuk menuju lokasi tersebut. Kawasan tersebut harus berinovasi untuk membuat pengunjung tidak bosan dan akan meningkatkan jumlah kunjungan dari waktu ke waktu,” tutur Veri.

Selain itu, warisan – warisan tersebut harus dijaga keberlangsungannya, serta dilakukan riset secara berkesinambungan agar nantinya bisa diajarkan sebagai bagian dari program edukasi. Untuk itu dibutuhkan kerjasama dengan institusi pendidikan terkait yang harus berjalan secara simultan. Ini sebagai upaya untuk menggali dan mengembangkan kekayaan dan warisan nilai alam, serta budaya yang akan menjadi daya tarik pengunjung sebagai pelengkap rekreasi.

Lebih lanjut Veri menjelaskan, untuk menjaga kawasan tersebut harus adanya pengelola tiap – tiap kawasan yang dikenal dengan istilah geosite. Pengelola ini akan dilatih menguasai warisan tersebut dan akan memaparkan kepada pengunjung tentang keunikan tiap – tiap geosite dan kaitannya dengan keragaman hayati dan budaya di kawasan itu.

Namun, untuk berkesinambungan maka geosite tersebut harus menghadirkan pengembangan ekonomi buat masyarakat pengelola dan sekitar, sehingga unsur konservasi dan pengembangan kawasan akan berjalan dengan baik.

Supaya program itu berjalan dengan baik, maka ujar Veri diperlukan manajemen yang mengatur aspek perencanaan dalam penelitian, pengelolaan, ekonomi, legal, dan aspek penting lainnya. Dalam menyongsong UGGp yang betaraf internasional. Maka, Belitong harus menyiapkan Akses, Amenitas, serta Atraksi yang berkelas global. Untuk itu fasilitas yang dihadirkan harus bertaraf Internasional dari Bandara, Rumah Sakit, Travel Guide, serta faktor – faktor pendukung lainnya.