Veri Yadi: 5 Warisan Geologi Dunia Modal Kuat Bagi Belitong Menjadi UGGp

by -

Sumberdaya manusia juga harus disiapkan demi menyongsong pengakuan internasional dalam memahami warisan, menyampaikan serta mengelola kawasan geosite. Karena itu, Badan Pengelola Geopark harus menjadi fasilitator dan memiliki kekuatan legalitas hukum. “Akan tetapi Kendala yang dihadapi adalah saat ini BP Geopark Pulau Belitung belum memiliki anggaran dalam mengelola program – program Geopark tersebut,” tukas Chief of Alumni SMA Negeri 6 Bandung Class of 99 itu.

Oleh sebab itu, langkah pemerintah kabupaten selanjutnya harus menyiapkan anggaran untuk memperkerjakan tenaga professional, ranger, peneliti, dan petugas lainnya. Itu nantinya tentu akan menggerakkan roda ekonomi kabupaten tersebut.

“Badan Pengelola juga harus bergerak secara professional, dalam rangka mengelola geopark yang akan menjadi penopang ekonomi masa depan Pulau Belitong,” harap General Secretary lkatan Keluarga Masyarakat Belitung (IKMB) Jakarta ini.

“Pekerjaan belum selesai sampai di sini. Upaya edukasi, sosialisasi, serta peran serta aktif Pemerintah Kabupaten Belitung dengan pelaku wisata dan pengelola geosite, menjadi kunci kekuatan geopark dalam upaya menjadi penopang ekonomi yang berkesinambungan,” tandas Veri. (habis)