Vina Serahkan 3 Radio HT ke Satgas Penanggulangan Bencana

by -
Vina Serahkan 3 Radio HT ke Satgas Penanggulangan Bencana
Anggota DPRD Kabupaten Belitung, Vina Cristyn Ferani menyerahkan 3 radio HT kepada satgas penanggulangan bencana di Kelurahan Parit dan Kelurahan Damai, Senin (26/4).

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Anggota DPRD Kabupaten Belitung, Vina Cristyn Ferani menyerahkan bantuan 3 radio Handy Talky (HT) kepada Satgas Penanggulangan Bencana di Kelurahan Parit dan Kelurahan Damai, Tanjungpandan.

Penyerahan radio HT dilakukan selepas apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Kampung Amau, Kelurahan Parit, Senin (26/4). Nantinya HT itu akan terhubung dengan petugas di BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Belitung sehingga bisa digunakan dalam kondisi darurat bencana banjir.

“Sehingga saat terjadi bencana, masyarakat bisa langsung menghubungi BPBD untuk mendapat bantuan dan evakuasi secepatnya,” kata Politisi PDI Perjuangan tersebut kepada Belitong Ekspres.

Menurut Vina, 3 unit HT itu akan dipegang Satgas Penanggulangan Bencana Kampung Parit dan Kampung Damai yang telah dilatih. Petugas tersebut akan bertanggung jawab, serta bersiaga, juga berkomunikasi jika terjadi bencana.

“Jadi nomor atau frekuensi itu terhubung dengan petugas di BNPB Belitung. Jadi tidak sampai banjir meluap dan membuat perabotan masyarakat sampai rusak karena tergenang air. Adanya alarm evakuasi (sudah terapsang) dan komunikasi yang cepat,” terang Anggota omisi II DPRD Belitung.

Vina juga berpesan agar peralatan tersebut bisa terus diaktifkan selama 24 jam karena situasi bencana bisa terjadi kapan saja. Serta melakukan komunikasi secepatnya dan menjaga alat itu agar terus memberikan manfaatnya.

“Kemarin sempat komunikasi dengan BNPB, kalau mereka anggaran terbatas, saya sebagai masyarakat, warga Kampung Damai dan wakil rakyat menyisihkan sebagian gaji untuk membeli HT. Yang penting masyakarat kita bisa terbantu dan cepat dievakuasi dengan komunikasi yang lebih mudah,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung MZ Hendra Caya mengapresiasi hal itu sebagai bentuk kepedulian kepada Satgas Penanggulangan Bencana dalam berkomunikasi. “Ini contoh yang bagus, kami meminta kepedulian yang lain, mungkin bisa juga, tidak hanya untuk alat komunikasi, tapi juga alat lainnya juga,” sebutnya. (dod)