Virus Corona Binasakan UMKM dan Sektor Pariwisata Belitung

by -
Virus Corona Binasakan UMKM dan Sektor Pariwisata Belitung
UMKM Durio di kawasan Desa Batu Itam, Sijuk, sepi pengunjung.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Virus Corona atau Covid-19 tidak hanya mematikan umat manusia se dunia, namun juga membinasakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan sektor pariwisata di Belitung Negeri Laskar Pelangi.

Bagaimana tidak, sebelum adanya virus tersebut pendapatan UMKM terbesar di Belitung Durio bisa mencapai Rp 100 juta per bulan. Akan tetapi sekarang turun drastis 99 persen. Bahkan terancam gulung tikar.

Tahun 2019 dan 2020 merupakan hal yang sulit bagi UMKM dan sektor pariwisata Belitung. Di tahun 2019, pariwisata sepi lantaran mahalnya harga tiket. Dan tahun 2020 kunjungan ke Belitung sepi lantaran mewabahnya Covid-19.

Onwer UMKM Durio Lita Elisa mengeluhkan kondisi yang terjadi saat ini. Dalam waktu beberapa bulan terakhir omset tempat usaha yang berada di kawasan Batu Itam, Sijuk, terjun bebas.

“Biasanya perbulan omset kami Rp 50 hingga Rp 100 juta per bulan. Namun adanya isu Corona omzet penjualan menurun drastis hingga 99 persen,” kata Lita kepada Belitong Ekspres, Jumat (27/3) kemarin.

Dijelaskan Lita, akibat sepinya pembeli, perdua minggu dia hanya memperoleh omset Rp 1 juta. Tentunya hal itu membuatnya kesulitan. Akhirnya Lita memilih tidak melakukan produksi untuk sementara waktu.

“Sekarang sudah tidak produksi lagi ini. Bahkan kami tidak memperkerjakan karyawan. Dulu sebelum corona, kami ada 21 karyawan. Namun sekarang hanya ada satu yang bekerja,” pungkasnya.

Sementara itu, pelaku Pariwisata Belitung Kusumah Kosasih mengatakan, dampak Corona di dunia juga terjadi di Belitung. Akibatnya sektor pariwisata sekarang menjadi sepi, dibandingkan beberapa bulan sebelum isu Covid-19.

Bahkan, kata Kusumah sejumlah tamu hotel telah menunda rencana kunjungannya ke Belitung. Seperti liburan dan rencana Meeting yang dilakukan perusahaan luar. “Kami hanya bisa berharap agar masalah ini cepat berlalu. Sehingga Belitung bisa kembali bangkit, di sekor Pariwisata,” pungkasnya. (kin)