Wabup Belitung: HJKT ke 182 Harus Jadi Momentum Refleksi Daerah

by -
Wabup Belitung: HJKT ke 182 Harus Jadi Momentum Refleksi Daerah
Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Peringatan Hari Jadi Kota Tanjungpandan (HJKT) ke 182 jatuh pada tanggal 1 Juli 2020. Beragam pesan dan harapan pada hari jadi tahun 2020 yang mengusung tema “Dengan Semangat HJKT ke 182 Kita Gelorakan Tatanan Kehidupan Baru Yang Produkif dan Aman di Kabupaten Belitung”.

Seperti halnya, yang diungkapkan Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie. Dia menyebut peringatan HJKT ke 182 tahun 2020 harus jadi refleksi daerah dalam pertumbuhan pembangunan dari berbagai sektor di Kabupaten Belitung, Negeri Laskar Pelangi.

“Peringatan HJKT ke 182 harus jadi momentum refleksi daerah, untuk kembali semakin melestarikan kearifan lokal dan adat istiadat, sebagai dasar dari pertumbuhan pembangunan itu sendiri,” kata Isyak Meirobie kepada Belitong Ekspres, Minggu (28/06) kemarin.

Apalagi saat ini tambah Isyak, semua masyarakat masih berperang, berkecamuk dalam pandemi Covid-19. Perang tersebut bukan hanya mengalahkan Covid-19, tetapi juga harus menggunakan strategi adaptasi terhadap tradisi hidup yang baru. Di mana Covid-19 belum bisa berakhir dengan cepat dan dikalahkan dengan cepat.

Dikatakan Isyak HJKT ke 182 harus menjadi semangat bagi semua masyarakat untuk bisa tetap bersama mengedepankan kerjasama dan kebersamaan. Semangat itu agar semua bisa keluar dari krisisi kemanusiaan, krisis sosial ekomoni, yang terjadi hingga ke semua sektor.

Maka dari itu lanjutnya perlu kolaborasi dan sinergitas yang semangkin baik. Sebab, HJKT bukan hanya milik warga Tanjungpandan, tapi merupakan semangat untuk masyarakat Belitung. Masyarakat diharap bisa menjalin silahturahmi yang lebih ketat, lebih kuat dan untuk menguatkan satu sama lain.

“Dengan demikian, sehingga langkah kedepan pemerintah sebagai pemimpin kemasyarakatan bisa mengantarkan masyarakat, meraih sebuah perubahan, pertumbuhan ekonomi dan juga memberikan ketenangan serta kesejahteraan jiwa bagi masyarakatnya,” pungkas Isyak.

Belitung Harus Bangkit Pasca Pandemi

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Belitung Iqbal H Saputra berharap pada momentum HJKT ke 182, Kabupaten Belitung bisa kembali bangkit dan menggeliat pasca pandemi Covid-19.

New Normal kata dia menjadi momentum penting untuk Kabupaten Belitung ambil bagian dalam mendukung kebijakan pusat. Namun demikian, perlunya kehati-hatian dalam hal pelaksanaannya.

“Karena New Normal menjadi tanggung jawab masyarakat Belitung secara keseluruhan. SOP New Normal harus dipatuhi dengan tegas, agar kita bisa saling menjaga satu sama lain,” tukas Iqbal.

Semoga Semakin Maju dan Berkembang

Ketua DPRD Belitung Ansori ikut mengucapkan selamat Hari Jadi Kota Tanjungpandan ( HJKT) ke 182 tahun 2020. “Saya ucapkan selamat, semoga Kabupaten Belitung umumnya dan Kota Tanjungpandan khususnya, semakin maju dan berkembang diberbagai macam bidang,” ucap Ansori.

Menurut Ansori, peringatan HJKT ke 182 bersamaan dengan launching new normal, artinya ada pekerjaan baru dalam berkehidupan di tengah pandemi Covid-19. “Semoga kita bersama bisa melakukan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, dalam menjalankan new normal nanti,” ujarnya.

Kemudian Ansori berharap, agar Kota Tanjungpandan khususnya dan Belitung umumnya menjadi daerah produktif, bersih, sehat, aman dan menjadi kota yang cerdas dalam artian luas serta senantiasa mawas diri. (dod)

Editor: Yudiansyah