Wabup Belitung: Pers Jadi Penyeimbang Luar Biasa Bagi Berita-Berita Hoaks

by -
Wabup Belitung: Pers Jadi Penyeimbang Luar Biasa
Wabup Belitung, Isyak Meirobie.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Wakil Bupati (Wabup) Belitung, Isyak Meirobie menyebut pers mampu menangkal berita bohong atau hoax yang diciptakan oleh oknum tidak bertanggung jawab selama pandemi Covid-19. Hal itu dikatakan Isyak Meirobie terkaitan peringat Hari Pers Nasional (HPN) 2021.

“Kehadiran pers telah menjadi penyeimbang yang luar biasa bagi berita-berita hoax yang diciptakan oleh sosial media atau oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” kata Isyak Meirobie kepada Belitong Ekspres, Selasa (9/2) kemarin.

Menurut Wabup, pers kini telah menjadi inspirasi bagi masyarakat dalam menjalani kehidupan ditengah pandemi Covid-19 melalui pemberitaan yang dibuat. Sehingga peran jurnalis tetap gemilang dan cemerlang meski di tengah pandemi.

“Pers hadir memberitakan tips dan cara bagaimana menyikapi dan menyemangati masyarakat untuk terus melaju menjalankan hidup menghadapi badai pandemi,” tukas orang nomor 2 di kabupaten Belitung itu.

Isyak menambahkan, tantangan pers pada tahun 2020 dan tahun 2021 ini merupakan sesuatu yang unik, dan mungkin tidak akan pernah terulang dalam kurun waktu yang cukup panjang.

“Nah, oleh karena itu saya berterimakasih dan mengapresiasi kepada kawan-kawan pers, bahwa kehadiran pers sudah menjadi penyeimbang yang luar biasa bagi berita hoax,” papar Wabup.

Oleh karenanya, berharap pers lebih diapresiasi dalam bentuk yang lebih nyata. Misalnya, keberpihakan Pemerintah Daerah atau Pusat terhadap media yang sudah konsisten untuk menjadi mitra strategis dan aktif. “Misalnya melalui support advertising dan lain-lainya,” sebutnya.

Kemudian Isyak juga mendukung agar para insan pers menjadi pihak yang diprioritaskan dalam menerima vaksin Covid-19. “Kemarin seharusnya ada wartawan yang divaksin misalnya perwakilan dari PWI atau siapalah karena teman-teman pers ini juga bertemu dengan kami itu yang paling penting,” tandasnya.

Dukung Jurnalis Prioritas Penerima Vaksin

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Belitung Ansori mengapresiasi peran Jurnalis dalam menyajikan informasi yang mengedukasi masyarakat di Kabupaten Belitung, Negeri Laskar Pelangi.

“Saya ucapan selamat Hari Pers Nasional (HPN), semoga pers semangkin maju dan berjaya. Teruslah memberikan informasi yang mendidik kepada masyarakat serta membantu kinerja Pemerintah dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat,” katanya kepada Belitong Ekspres, Selasa (9/2).

Selain itu, politisi PDI-Perjuangan tersebut juga mengapresiasi insan pers dalam memberitakan secara positif dan konstruktif terkait penanggulangan Covid-19. Oleh karenanya, melalui peringatan HPN 2021 dia mengajak segenap para jurnalis untuk selalu mengkampanyekan akan pentingnya menjalankan Protokol Kesehatan.

“Mari kita bersama-sama mengkampanyekan akan pentingnya disiplin protokol kesehatan dan jangan pernah lalai dalam menjalankannya,” ajaknya. Menurut Ansori, pers juga merupakan garda terdepan dalam penanggulangan Pandemi Covid-19 melalui pemberitaan dan informasi yang disampaikan kepada masyarakat di Pulau Belitung.

“Sejak awal pandemi Covid-19, rekan-rekan jurnalis tanpa henti dan tidak pernah lelah untuk terus memberikan informasi kepada masyarakat dalam mencegah penyebaran virus Corona, bahkan mereka sendiri beresiko tinggi terpapar virus tersebut,” katanya.

Maka dari itu, dirinya berharap para jurnalis menjadi pihak yang diprioritaskan dalam menerima vaksin Covid-19. “Tentunya saya sangat mendukung penuh program vaksinasi Covid-19 juga di prioritaskan bagi kalangan jurnalis demi melindungi mereka dalam menjalankan tugasnya,” tutup Ansori. (dod/rez)