Wabup: Cari Pabrik Arak dan Tutup

by -

*Jika Dirazia dan Dibina Saja Tak akan Jera
TANJUNGPANDAN-Wakil Bupati Belitung Erwandi A Rani benar-benar dibuat geram dengan kasus pesta miras arak di kawasan KV Senang dan sejumlah tempat di Tanjungpandan. Karena itu, Wabup meminta Satpol PP untuk mencari dan menutup pabrik arak serta menutup toko yang menjual tanpa izin, yang berarti tak ada kontrol dan kendali dari pihak berwenang.
“Tangkap, lalu tanyakan dia (pemuda,Red) beli araknya dari mana. Minta pernyataan dia. Setelah itu datangi langsung tempat tersebut dan tanyakan izinnya,” tegas Erwandi kepada BE, Kamis (5/3), kemarin dalam menanggapi  maraknya kasus pesta miras anak-anak muda yang tertangkap oleh Pol PP maupun Polisi.
Menurut Wabup, jika ternyata pabrik atau toko tempat penjualan arak itu tidak memiliki izin usaha, langsung lakukan penutupan saat itu juga. “Hanya dengan begitu caranya bisa selesai. Tapi, kalau kita hanya menangkap orangnya. Lantas, sekadar diberi pembinaan saja, efek jeranya tidak ada. Jadi, intinya cari tau sumbernya,” ujarnya.
Erwandi lebih lanjut mengatakan, pemerintah daerah bukan berarti diam dan lepas tangan dalam hal ini. Namun, kita juga memikirkan bagaimana penyelesaian sampai ke akar-akarnya.  “Sebab, kalau hanya dirazia saja, mungkin hari itu atau malam itu, dia minum di kave senang. Besoknya dia bisa saja pindah ke lokasi lain. Akhirnya, kita yang repot mengejar mereka,” ungkapnya.
Konon, kata Erwandi, penjual arak tersebut berada di kawasan hutan. Lantas, arak tersebut dijual di sebuah toko. “Kita maunya toko itu diseret. Dan pembuatnya juga diseret. Dengan begitu, ada efek jera antara yang memproduksi dan yang menjual,” tegasnya.
Sebab, menurut Wabup, kalau memang produksi araknya sudah tidak ada lagi, otomatis orang tidak bisa mabuk lagi. Begitu juga sebaliknya. “Dia ditangkap hari ini, begitu dilepas. Besok dia bisa pindah tempat. Belitung ini kan, luas. Apalagi, zaman sekarang sudah canggih. Tinggal dia telpon dan ajak kawan-kawannya kumpulnya di mana. Tangkap dan data mereka dan buatlah mereka jera,” tukasnya. (mg2)