Wabup Isyak Siap Bantu Kesembuhan Nova

by -
Wabup Siap Bantu Kesembuhan Nova
Wabup Siap Bantu Kesembuhan Nova
Foto: Isyak saat mengunjungi rumah Nova di Kelurahan Kampung Damai, Jumat (23/8) kemarin.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie merasa tersentuh dan terharu melihat kondisi Nova bocah berusia 9 tahun yang mengalami pembengkakan di paha kirinya. Karena itu, dirinya siap membantu pihak keluarga untuk proses kesembuhan bocah perempuan tersebut.

Menurut Wabup, dokter dan medical merupakan perantara kesembuhan, namun semua itu tidak terlepas dari kuasa Tuhan. Dia pun optimis warga Kelurahan Kampung Damai RT 11/RW 04 Kecamatan Tanjungpandan ini, bisa sembuh.

Untuk itu, semangat optimis dan aura positif harus dipancarkan oleh anggota keluarga supaya anak tersebut memiliki semangat dan keinginan yang kuat untuk pulih. Tetapi, anak ini tidak perlu dikasih tahu sakitnya apa yang dialaminya.

“Termasuk juga apa yang harus dilakukan, tidak dikasih tahu. Biarlah dia menikmati masa kanak-kanaknya supaya membantu proses penyembuhannya,” ujar Wabup kepada Belitong Ekspres usai melihat langsung kondisi Nova, Jumat kemarin.

Kata Isyak, Pemerintah Daerah (Pemda) sudah menawarkan solusi kepada pihak keluarga Nova untuk di bawa ke RSPAD di Jakarta. Pemda juga sudah berkoordinasi dengan kepala RSPAD Mayjen TNI dr. Terawan Agus Putranto untuk menyambut kedatangan Nova.

Wabup menambahkan, segala sesuatu dan hal-hal yang tidak terduga bisa saja terjadi pada anak tersebut. Oleh sebab itu, dirinya menghormati apapun yang menjadi keputusan dari pihak keluarganya.

“Saya menganjurkan, dari pada berpasrah di rumah lebih baik berangkat ke Jakarta untuk menjalani proses pengobatan. Sebab, masih ada harapan untuk sembuh,” kata politis Nasdem itu.

Sementara berkenaan dengan biaya, pihak keluarga tidak perlu khawatir karena Nova sudah tergabung di BPJS PBI dan program Sehati akan menanggung pengobatannya.

“Uang saku dan lainnya, saya dan teman-teman akan memfasilitasi untuk mencarikan donasi bagi mereka. Jangan ambil pusing soal itu, fokus saja bagaimana penyembuhan Nova,” sambungnya.

“Saya lihat kondisi fisik masih baik meski sedikit pucat. Oleh karena itu secepatnya harus dilakukan proses medical, dan kita doakan bersama-sama agar adek kita Nova segera sembuh, dan bisa kembali bermain seperti anak-anak pada umumnya,” harapnya.

 

Diduga Kanker, Paha Nova Segede Bola

Sebagaimana diketahui, Nova, bocah perempuan warga Kelurahan Kampung Damai RT 11/RW 04 Kecamatan Tanjungpandan, kini hanya bisa duduk dan berbaring lemah di tempat tidurnya. Bahkan, untuk berjalan ke kamar mandi ia harus dirangkul oleh keluarganya.

Kondisi yang dialaminya tersebut usai menderita pembengkakan pada kaki kirinya sejak 1 tahun terakhir. Sejak itu, gadis belia berusia 9 tahun ini terpaksa harus menahan kerinduan untuk kembali bersekolah dan bermain bersama-sama teman seusianya.

Di rumahnya yang sederhana, Belitong Ekspres berkesempatan untuk bisa bertemu, berbincang dan bertatap muka dengan Nova, juga pihak keluarga Jumat siang (23/8) kemarin. Duduk di tempat tidurnya siswi SD Negeri 15 Tanjungpandan itu tampak murung.

Saat disapa dia pun hanya diam tertunduk lesu, tak ada keceriaan. Wajahnya pucat dan menyedihkan dengan kondisi bengkak sebesar bola kaki pada paha kirinya. Dari tempat tidur, Nova digendong lalu duduk di lantai, dalam pangkuan ibunya.

Agus (38), ayah kandung Nova menceritakan, penyakit tersebut berawal pada waktu itu anak sedang bermain bola di sekitar rumahnya. Kemudian Nova terjatuh saat menendang bola. Lantas, Nova pun menangis layak anak kecil seusianya.

Selang beberapa waktu, Agus langsung bergegas membawa anaknya untuk berobat urut secara tradisional. Sayangnya, kondisi Nova tak kunjung pulih dan normal seperti sediakala. Setelah itu, Agus membawa anaknya ke RSUD dr H Marsidi Judono untuk diobati.

Dari hasil pemeriksaan dan pengobatan dokter, hasilnya tetap sama, kondisi Nova juga tak kunjung sembuh. Belakangan justru muncul analisa mengejutkan, sekaligus menyedihkan kedua orang tuanya. Pasalnya, Nova diduga menderita kanker dan disarankan dirujuk ke RSCM Jakarta untuk diobati dan diamputasi.

(Reza | belitongekspres.co.id)