Wabup: Jangan Hanya Bangun Fisik

by -

*Tapi Bangun Jiwa dan Mental untuk Pembangunan
BADAU-Wakil Bupati Belitung Drs H Erwandi A Rani membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Kecamatan Badau di Aula Kecamatan Badau, Senin (09/02). Dalam sambutannya Erwandi mengatakan, Musrenbang merupakan kegiatan yang bersifat nasional baik dari Kementerian, Desa, Kecamatan hingga Nasional. Tujuannya, untuk mensingkronkan agar pembangunan sesuai dan tepat sasaran.
“Jangan sampai tidak tepat sasaran dan tidak ada manfaatnya bagi masyarakat. Forum seperti ini bukan forum yang asal-asalan tetapi forum yang benar-benar menyedot apresiasi masyarakat. Apa yang bapak ingin usulkan dan akan dibangun pada tahun berikutnya harus sesuai dengan visi misi kami dan menjadi acuan,” kata Erwandi.

Keinginan Bupati dan Wakil Bupati lima tahun ke depan, harus benar-benar dipahami. Yakni,  maju, mandiri, berdaya saing dan sejahtera.  Perlu dipahami kesejahteraan bukan diukur dari uang akan tetapi banyak hal yang menjadi tolak ukur kesejahteraan. Misalnya masyarakat melaut tidak perlu jauh-jauh berlayar untuk mendapatkan banyak ikan dan lain sebagainya. Suara dan keinginan dari masyarakat yang mewakilkan dan program-program yang diusulkan harus menyentuh masyarakat langsung.

“Mari kita rubah pola pikir kita dengan membuat program trobosan baru bukan program- program itu-itu saja yang diusulkan. Kegiatan yang tak mempunyai dampak berarti jangan diusulkan lagi. Forum ini merupakan wujud tanggungjawab kita, dan yang harus diingat dalam pembangunan bukan hanya bangunan fisik, tetapi mental atau jiwa. Jiwa yang rusak sangat mudah orang lain mempengaruhinya,” jelas Erwandi.

Usai membuka kegiatan, Erwandi meninjau tempat wisata Batu Mentas yang ada di Kecamatan Badau. Erwandi menyempatkan diri berkeliling area tersebut dan melihat lebih dekat Tarsius atau Pelilea’n di penangkaran. Erwandi juga melihat rumah pohon dan takjub akan keindahan alam dan kejernihan air yang mengalir dengan batu bebatuan disekelilingnya. (hms/ade)