Wabup: Jangan Korbankan Keselamatan Kita dengan Bernegosiasi Rupiah

by -
Bupati Belitung Sahani Saleh dan Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie bersama jajaran Forkopimda melaksanakan kampanye pemakaian pelampung, demi keselamatan dan keamanan dalam berwisata, Selasa (11/06) kemarin.

* Penggunaan Life Jacket Merupakan Kewajiban

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Bupati Belitung Sahani Saleh dan Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie bersama jajaran Forkopimda melakukan kampanye keselamatan dan keamanan berwisata.

Kampanye ini dilakukan menggunakan tiga moda transportasi laut dengan rute perjalanan dari Pantai Tanjung Kelayang menuju Pulau Lengkuas, Selasa (11/06) kemarin.

Tujuan kunjungan ke Pulau Lengkuas ini untuk lebih meningkatkan kedisiplinan daripada pelaku-pelaku pariwisata di Negeri Laskar Pelangi, khususnya yang bersangkutan dengan angkutan kapal wisata.

“Ini mengingat kemarin ada peristiwa kecelakaan laut kemarin. Sebenarnya peristiwa ini di luar konteks yang sudah kami bina atau ilegal,” kata Bupati Belitung Sahani Saleh kepada Belitong Ekspres di Pulau Lengkuas.

Dia mengungkapkan, dalam hal pengembangan pariwisata ini seluruh jajaran Forkopimda Belitung sudah berbagi-bagi tugas sesuai dengan posisinya, namun tetap dalam koordinasi.

“Kita seluruh jajaran Forkopimda datang ke sini, untuk mencegah supaya tidak terjadi lagi kejadian-kejadian seperti kemarin,” ujar Bupati Belitung yang karib disapa Sanem ini.

Oleh karena itu, Sanem meminta agar masyarakat ataupun wisatawan selalu memperhatikan keselamatan dalam melakukan hopping island dan harus berdasarkan aturan yang berlaku.

Sanem menambahkan itu adalah hal yang sangat penting karena berkenaan dengan safety, keselamatan dan kenyamanan wisatawan yang datang ke Pulau Lengkuas.

“Saya berharap agar para wisatawan yang datang untuk mematuhi aturan yang telah berlaku, dan sesuai prosedur yang telah ditetapkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, juga menyatakan pelampung atau life jaket merupakan hal yang sangat penting dalam transportasi laut. Dia menegaskan tidak lagi yang harus ditawar menawar, karena itu merupakan kewajiban.

“Kita masih dalam proses raperbup finalisasi, dan locket tiket juga sudah tersedia di Tanjung Kelayang. Sehingga nanti semua SOP yang kami berlakukan pada September mendatang sudah bisa kita lakukan,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mengutamakan menjaga keselamatan dalam setiap perjalanan wisata di perairan laut Belitung.

“Jangan mengorbankan keselamatan kita dengan bernegosiasi rupiah. Kita nanti akan terapkan satu harga yang terbuka untuk publik, bisa dilihat nanti di locket harganya berapa untuk penumpang,” jelasnya.

Tak hanya itu, lanjut dia kedepannya tidak ada lagi negosiasi antara wisatawan dan pihak kapal, sebab harga sudah ditetapkan. “Kalo kita mencari yang murah tapi tidak memenuhi standar keamanan dan keselamatan, nyawa kita menjadi taruhannya,” tegasnya.

Isyak pun kembali berharap wisatawan agar lebih mengedepankan keselamatan, keamanan dan kenyamanan. “Jangan sampai masyarakat atau wisatawan menggunakan pintu keberangkatan hopping island yang tidak direkomendasikan oleh Pemerintah Daerah,” tandas Isyak (dod)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *