Waduh, Ganja Sintetis Sudah Masuk Belitung

by -

*BNNK dan Polisi Akan Gencar Razia Agar Tak Beredar Luas

TANJUNGPANDAN-Di tahun 2017 nampaknya, pihak kepolisian maupun Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Belitung harus bekerja ekstra keras. Sebab, beberapa jenis obat-obatan mulai pil hingga tembakau memabukan sudah masuk ke Belitung.

Tidak hanya Tramadol, bahkan saat ini Tembakau Gorila (Ganja Sintesis) sudah masuk dan beredar di Belitung. Efek dari tembakau ini, seperti ganja yakni bisa membuat orang mabuk dan hilang kesadaran (halusinasi tinggi).

Kata Kepala BNN Kabupaten Belitung AKBP Harun Sani, tembakau itu sudah beredar di Belitung. Sebelumnya, pihaknya telah melakukan razia ke sejumlah pemuda. Dari hasil itu, BNN menemukan sejumlah tembakau tersebut.

Masuknya barang itu dari luar Belitung yakni sejumlah kota di Pulau Jawa. Biasanya, barang-barang itu banyak dijumpai di Kawasan Tegal Jawa Tengah. Pihak BNN Belitung, masih menyelidiki masuknya ganja sintesis ini ke Bumi Laskar Pelangi.

Tindakan yang akan dilakukan BNN Kabupaten Belitung untuk mencegah luasnya peredaran Tembakau Gorila di Belitung, pihaknya akan terus bekerja sama dengan Polres Belitung untuk melakukan razia ke sejumlah lokasi.

Sementara itu, Kasat Intelkam Polres Belitung Iptu Ponijan, membenarkan adanya peredaran ganja sintesis itu di Belitung. Bahkan, pihaknya sebelumnya juga sempat mengamankan beberapa orang yang mengkonsumsi itu.

Kendala kepolisian dan BNN dalam menangani masalah ini yakni hukum. Sebab, Tembakau Gorila hingga saat ini masih belum diketahui masuk untuk metavitamin atau penyalagunaan obat.

Meski begitu, tak menyurutkan nyali dari BNN Belitung ataupun Polres Belitung untuk terus merazia peredaran ganja sintesis itu. “Kita akan terus melakukan razia,” kata Iptu Ponijan, kepada Belitong Ekspres, Jumat (6/1) kemarin. (kin)