Wagub Himbau Disnaker Libatkan Diskop UMKM

by -

PANGKALPINANG – Wakil Gubernur Babel, Hidayat Arsani memberi amanat untuk Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Babel agar bisa bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Babel untuk memfasilitasi permodalan bagi para siswa yang sudah mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI).
Hal ini ia sampaikan usai meresmikan pembukaan pelatihan di UPTD BLKI, Rabu (04/03) kemarin. “Setelah siswa mengikuti pelatihan, pasca pelatihannya tetap harus kita fikirkan, karena itu Saya sarankan Disnaker harusnya bekerjasama dengan Dinas Koperasi, agar mereka yang sudah dibekali ketrampilan, bisa dapat bantuan modal usaha untuk buka lapangan kerja,” ujar Dayat.
Dengan memiliki balai latihan kerja ini menurut Dayat, pemerintah dapat menciptakan SDM berkualitas yang akan bersaing dengan SDM luar daerah. “Dan ini menjadi kesempatan berharga untuk mengurangi pengangguran. Karena itu kita harus libatkan Dinas Koperasi dan Biro Ekonomi Babel untuk memnfasilitasi ini,” terangnya.
Dayat menegaskan, pelatihan seperti yang dilaksanakan saat ini harus tetap diadakan dan dianggarkan setiap tahun. “Disnaker juga bertugas mencerdaskan Anak-anak Bangsa, pelatihan harus tetap ditingkatkan dan dianggarkan setiap tahun tanpa pengecualian,” tegasnya.
Menanggapi hal tersebut, Kepala Disnakertrans Babel, Didik Suprapto meyakinkan, ia memiliki tiga opsi untuk mewujudkan ini, opsi pertama yakni, Disnaker Babel akan bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM, opsi kedua Disnaker akan menganggarkan bantuan melalui APBD dan opsi ketiga melalui Jamkrida.
“Dari 3 opsi tersebut kita membantu siswa usai pelatihan, baik melalui koperasi, APBD atau jamkrida juga kita usulkan bila nanti pasca pelatihan siswa bisa mendapatkan modal tanpa agunan dengan bunga terjangkau,” bebernya.
Melalui opsi tersebut, Didik juga berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) bisa mensuport ini. “Kita harap dengan begitu Pemerintah bisa mensuport dan memudahkan kita menciptakan lapangan kerja untuk para siswa setiap pasca pelatihan,” tandasnya. (eza)