Wajib Gunakan Nozel Sesuai Standar

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

PANGKALPINANG – Seluruh stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang ada di Bangka Belitung (Babel) kembali diingatkan UPT Metrologi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Babel untuk menggunakan nozel seusai standar sehingga tidak merugikan konsumen.
Peringatan tersebut dijelaskan Kepala UPT Metrologi, Syaiful, dikeluarkan pihaknya merujuk adanya keluhan warga di SPBU Belitung dan Belitung Timur (Beltim) yang tidak mengeluarkan nozel layak pakai.
“Saat razia nozel, kita temukan 1 SPBU di Belitung dan Beltim yang nozelnya bermasalah, dan kita sudah sering mengingatkan mereka untuk segera ganti peralatannya, namun masih diabaikan,” ujarnya, kemarin (2/2).
Syaiful meyakinkan pihaknya akan kembali melakukan razia untuk meninjau langsung ke masing-masing SPBU. Jika peringatan tersebut tetap diabaikan dan dalam razia nantinya masih ditemukan adanya kesalahan yang sama, UPT Metrologi akan melapor ke pengawas metrologi agar SPBU tersebut di tindak atau diberi sanksi.
Selain SPBU Belitung dan Beltim, dikatakan Syaiful di Bangka juga terdapat satu SPBU yang menggunakan nozel tidak sesuai standar karena peralatannya sudah cukup tua. Hal ini dituding menjadi akal-akalan pemilik SPBU untuk enggan mengganti peralatan nozelnya.
“Karena keseringan dipakai pasti alat itu ada pergeseran, dan kita UPT Metrologi selalu memantau nozel SPBU minimal satu tahun sekali, sebagai upaya melindungi konsumen,” ungkapnya.
Ia menambahkan, SPBU harus selalu rutin untuk bisa mentera peralatannya guna menghindari kerugian yang akan dialami konsumen. “Kalau nozel itu tidak di tera ulang, masyarakat lah yang banyak rugi, untuk kita juga ingatkan masyarakat agar jadilah konsumen cerdas, karena hal ini juga tak setiap saat diawasi oleh Metrologi,” tandasnya. (eza)

Baca Juga:  IKT Timah Datangi DPRD Babel: Kami Ingin IUP Tetap Utuh!

Rate this article!
Tags:
author

Author: