Waka Polres: Ada Yang Tak Aktif, Lapor Saya

by -

//165 Pengurus dan Anggota FKPM Dilantik

SUNGAILIAT – Waka Polres Bangka Kompol Joko Isnawan SIK meminta agar masyarakat dapat membantu tugas anggota polisi yang bertugas di daerah masing-masing. Anggota tersebut memang berperan sebagai babinkamtibmas. Selain membantu, masyarakat juga diminta untuk mengawasi anggota babinkamtibmas tersebut.
HAl ini dikatakan oleh Joko saat mengukuhkan pengurus Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM), 12 Kelurahan dan 1 Desa se Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, di Balai FKPM Pusat Perniagaan Sungailiat, Sabtu(12/12).
“Saat ini, kepolisian baru bisa menempatkan satu orang polisi satu desa. Saya minta kepada masyarakat atau aparat desa juga memantau anggota babinkamtibmas. Apabila para babinkamtibmas tidak aktif menjalan tugasnya, maka lapor kepada saya dan bila perlu kita ganti, supaya peran diberikan berfungsi,” kata Waka Polres.
Joko mengatakan, pembentukan FKPM mulai dari tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan hingga desa sesuai peraturan kapolri dalam rangka menjalin kemitraan antara polisi dan masyarakat, agar berperan dan berpartisipasi menjaga kamtibmas.
Keberadaan pengurus dan anggota FKPM, yang terdiri dari elemen masyarakat serta polisi diwakili babinkamtibmas, selain mengajak masyarakat berperan menjaga kamtibmas. Juga berperan sebagai wadah penyelesaian permasalahan, pertikaian yang ada di lingkungan masyarakat dengan cara bermusyawarah. “Jadi tidak semua permasalahan harus dibawa ke polisi, tetapi perselisihan, kesalahpahaman diantara warga, bisa diselesaikan oleh masyarakat itu sendiri, dengan difasilitasi FKPM,” ujar Joko Isnawan.
Joko menambahkan keberadaan FKPM sebagai mengembang fungsi kemitraan polisi dan masyarakat dalam mengantisipasi bentuk ganguan kamtibmas dan konflik antar warga, dan tercipta kondisi kamtibmas yang kondusif. “Kita berharap terjalin hubungan yang harmonis antara, polisi dan masyarakat, kecepatan  memberi informasi apa bila ada gangguan kamtibmas di masyarakat,” harapnya.
Sedangkan Ketua FKPM Bangka Belitung Romadi Hamid, mengatakan bahwa setiap orang membutuhkan kondisi aman tentram di lingkungan tempat tinggalnya. Menciptakan ketentraman dan keamanan bukan hanya tugas polisi saja, tetapi hal itu tugas semua warga Indonesia sesuai yang diamanatkan dalam UUD 1945.
“Selamat kepada pengurus FKPM yang telah dilantik dengan harapan akan dapat mengajak anggotanya bersama aparat desa, tokoh masyarakat, agama, pemuda berperan serta menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing,” kata Romadi Hamid.
Ia juga mengatakan FKPM  hendaknya bisa mengakomodir semua permasalahan yang terjadi dilingkungan masing-masing. Apabila ada permasalahan yang terjadi di desa maka pengurus FKPM, bersama aparat desa, bhabinkamtibmas, tokoh agama, masyarakat, dapat duduk bersama menyelesaikannya.
Sementara itu, Suhardan selaku perwakilan masyarakat Sungailiat mengatakan bahwa ia mendukung terbentuknya FKPM. Menurutnya keberadaan FKPM sebagai wadah untuk menyelesaikan permaslahan di masyarakat dan juga mengajak masyarakat berperan serta menjaga kamtibmas di lingkungan mereka masing-masing.  “Jadi permasalahan kecil, perselihan, pertikaian, salah paham yang terjadi tidak harus diselasaikan di kepolisian dan bisa dimusyawarahkan dengan difasilitasi FKPM,” katanya.
Hadir pada acara tersebut, Kapolsek Sungailiat Kapolsek Sungailiat AKP Gineung PKF SH SIK, Camat Sungailiat  Putra Jaya, Pengurus FKPM Kabupaten Bangka, Ferdy Karinda, Ketua FKPM Pesisir Nelayan Sungailiat  M Ali.(dee)