Wakapolres Belitung Minta Bansos Harus Diawasi, Agar Tepat Sasaran

by -
Wakapolres Belitung Kompol Alam Bawon saat memberikan arahan kepada Jajaran Bhabinkamtibmas Polsek Badau, Rabu (13/02).

*Bhabinkamtibmas Polsek Badau Menjadi Garda Terdepan Pimpinan

belitongekspres.co.id, BADAU – Pemerintah Pusat pada tahun 2019 telah meningkatkan anggaran bantuan sosial (Bansos) dari Rp 39 menjadi Rp 53 triliun.

Penambahan anggaran ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan lebih banyak lagi masyarakat yang kurang mampu.

Pada tanggal 10 Januari 2019, Menteri Sosial Agus Gumiwang dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) terkait hal itu.

MoU kemudian ditindaklanjuti dengan Pembentukan Satgas Pengamanan dan Penegakan Hukum Bansos di tingkat Mabes, Polda dan Polres.

Oleh sebab itu, Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana SIK, MH, melalui Wakapolres Kompol Alam Bawono, SIK berharap Bansos bisa tepat sasaran.

Demikian arahan disampaikan oleh Wakapolres Belitung saat menggelar rapat dengan Jajaran Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Badau, Rabu (13/2).

Kompol Alam menginginkan agar Pengawasan dan Pengamanan terhadap pemberian Bansos 2019 bisa berjalan baik dan sesuai harapan.

Dimana Bansos 2019 yang diberikan pemerintah kepada warga mampu agar tepat sasaran dan sampai kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Adapun Bansos ini terdiri dari Beras Sejahtera (Rastra), Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Selain itu, ada Bantuan Untuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan Bansos Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTLH).

Wakapolres berpesan kepada jajaran Bhabinkamtibmas Polsek Badau yang diberikan tugas dapat menjadi garda terdepan atau corong pimpinan.

“Terkait pemberian Bansos ini saya berpesan agar betul-betul diawasi supaya tepat sasaran pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” pinta Kompol Alam.

“Karena hal itu merupakan perbuatan amal pemerintah pusat untuk meringankan beban fakir miskin di daerah,” sambungnya.

Untuk itu, Jajaran Bhabinkamtibmas harus berkoordinasi dengan Dinas Sosial atau pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Sehingga nantinya kembali ditegaskan Wakapolres, dalam pelaksanaan program yang ada dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran.

Kegiatan rapat ini dihadiri oleh Kapolsek Badau Iptu Sugraito, SH, para Kanit dan anggota Bhabinkamtibmas Jajaran Polsek Badau Polres Belitung. (*/yud)