Waktu Hiburan Musik akan Dipangkas

by -1 views

MANGGAR – Memasuki masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2015, Polres Belitung Timur (Beltim) akan memangkas waktu hiburan musik yang digelar masyarakat malam hari. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan masyarakat.

“Kita menghimbau masyarakat yang mengadakan hiburan di malam hari, tentu akan kita kurangi waktunya. Dan ini juga sebenarnya masih akan kita rapatkan kembali masalah waktunya atau dari pukul berapa ke pukul berapa,” ujar Kapolres Beltim, AKBP Nugrah Trihadi, S.Ik, kepada Belitong Ekspres Senin (31/8) kemarin.

Sudah menjadi kebiasaan masyarakat setempat, acara perkawinan maupun hajatan lainnya selalu mengadakan panggung hiburan malam hari. Bahkan, bagi yang mampu biasanya menggelar hiburan lebih dari satu malam.

“Kemungkinan jam hiburannya kita geser. Cukup sampai dari jam berapa nantinya, tentunya siang harinya resepsi, kan jarang resepsi malam,” ucap Kapolres.

Menurut Kapolres, menyangkut keamanan memang tanggungjawab aparat keamanan, namun sebaiknya masyarakat juga berperan aktif menjaga keamanan lingkungan sekitar.

“Masa kampanye Pilkada serentak memang cukup panjang, sekitar 110 hari. Tentunya kerawanan sangat mungkin terjadi,” kata Kapolres.

Sebelumnya, Kapolres dalam upacara Operasi Mantap Praja 2015 menegaskan, Polres Beltim sebagai institusi kepanjangan Polri adalah penanggungjawab keamanan dalam negeri. Kewajibannya, untuk mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pilkada 2015, melalui manajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif. (feb)