Warga Dusun Timur Jaya, Sepakat Larang Penjualan Miras

by -
Warga Dusun Timur Jaya, Sepakat Larang Penjualan Miras
Ketua RT 28 Dusun Timur Jaya Desa Tanjung Binga, Benny.

belitongekspres.co.id, SIJUK – Maraknya peredaran dan penjualan minuman keras (Miras) di Dusun Timur Jaya Desa Tanjung Binga Kecamatan Sijuk membuat resah warga sekitar. Menindak lanjuti laporan itu, warga sekitar bersama Ketua RT 28 Dusun Timur Jaya, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kadus dan tokoh masyarakat setempat menggelar rapat kordinasi pada Selasa (03/12) terkait permasalahan minuman keras tersebut.

Ketua RT 28 Dusun Timur Jaya Desa Tanjung Binga, Benny, menjelaskan, peredaran dan penjual miras di lingkungannya sudah berjalan sekitar dua tahun terakhir dan hal tersebut banyak dikeluhkan oleh masyarakat.
“Kesimpulannya pada rapat tersebut, kita bersepakat dan mufakat melarang pengedarkan dan menjual Miras di lingkungan kami tanpa terkecuali. Karena itu sangat mengganggu keamanan, ketertiban dan sangat meresahkan kami masyarakat,” katanya kepada belitongekspres.co.id Selasa (24/12).

Dikatakan Benny, ada 80 warga yang membubuhi tandatangan dan sepakat dengan RT 28 untuk menolak peredaran dan penjual Miras. Kesepakatan bersama tersebut ditandai dengan daftar hadir, berita acara rapat, notulen rapat dan telah diserahkan kepada Ketua RW, Kadus, Ketua BPD dan Kepala Desa Tanjung Binga.

“Kesepakatan ini juga kami sampaikan dan laporkan kepada Perintah Desa, Pemerintah Kecamatan dan Kapolsek Sijuk. Kemudian Satpol PP Belitung, Kapolres Belitung dan Bupati Belitung. Jika responnya belum sesuai dengan kehendak warga, maka kami akan laporkan ke Polda Provinsi Babel. Bila perlu nanti saya antar laporan penolakan warga terhadap miras ini ke Mabes Polri,” tegas Benny.

Oleh sebab itu, dirinya memenghimbau kepada ketua RT maupun pihak lainnya apabila mengetahui pengedar dan penjual miras bebas dan tidak sesuai ketentuan segera laporkan juga kepada pihak terkait. Sebab, masalah tersebut bisa merusak moral dan mental serta meresahkan masyarakat.

“Instansi yang berkepentingan dalam penegakan hukum, berkomitmen memberantas dan menindak tegas pengedar dan penjual Miras beralkohol tanpa izin tersebut, jangan pandang bulu bila bersalah dan melanggar undang-undang, segera tangkap dan penjarakan mereka,” tutupnya. (rez)

 

Editor: Subrata