Warga Perawas Sempat Panik, Semak Belukar Terbakar

by -

TANJUNGPANDAN- Masyarakat Desa Perawas sempat panik dengan adanya kebakaran hutan semak belukar pada malam hari. Peristiwa ini terjadi di salah satu rumah Jalan Jendral Sudirman KM 8 Perawas, Minggu (7/9) tadi malam sekitar pukul 19.30 WIB.

Setelah didatangi, ternyata hutan semak belukar tersebut sengaja dibakar oleh pemilik untuk menjadi lahan. Akibat kebakaran ini, membuat api terlihat hingga Jalan raya menuju Bandara HAS Hanandjoeddin Ini.

Warga sekitar yang mengetahui peristiwa kebakaran ini mengaku kaget. Sebab, saat ia hendak pulang ke rumahnya yang tak jauh dari lokasi ini mengira hutan tersebut terbakar, lantaran musim kemarau. “Waduh kaget benar saya. Untung saja bukan kebakaran beneran,” ujar Pria yang enggan disebutkan namanya ini.

Sementara itu, Kapolsek Tanjungpandan Kompol Abdul Azis seizin Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara mengatakan, ia baru mengetahui peristiwa tersebut. Kompol Azis meminta kepada masyarakat agar tidak bakar-bakar hutan saat ini. Sebab, ini memasuki musim kemarau.

“Sudah banyak terjadi kebakaran yang disebabkan, orang bakar-bakar rumput, hingga akhirnya membesar. Apalagi ini musim kemarau. Jadi, saya mengingatkan agar tidak merugikan diri sendiri atau orang lain,” ujar Kompol Abdul Azis kepada Belitong Ekspres, tadi malam. (kin)