Warga Tangkap Buaya 4,4 Meter

by -

GANTUNG – Seekor buaya yang diduga sering memangsa manusia dan meresahkan masyarakat yang sedang memancing ikan di daerah Sungai Sembulu desa Lilangan Gantung, akhirnya berhasil ditangkap.

Kepala desa Lilangan, Suparman mengatakan Buaya Sungai Sembulu Desa Lilangan, ditangkap dan diamankan di balai Dusun Lilangan, Senin (2/2) kemarin.

“Tadi siang dua buaya itu ditangkap secara adat oleh pawangnya dan dibantu warga setempat. Proses penangkapan dengan cara dipancing. Untuk sementara buaya diamankan dulu di balai dusun,” ungkap Suparman, saat dihubungi harian ini.

Seekor buaya yang ditangkap ini, menurut Suparman, memiliki panjang mencapai sekitar 4,40 meter. “Sebenarnya buaya ini diperkirakan melebihi panjang yang sebenarnya, karena sebagian ekor buaya ini sudah terpotong, bahkan jika tidak terpotong mencapai 5 hingga 6 meter lebih,” jelasnya.

Suparti belum bisa memastikan, apakah benar buaya yang ditangkap tersebut merupakan buaya yang menyerang Almarhum Maulana (30), warga Desa Lilangan, saat sedang mancing di atas sampan beberapa waktu lalu.

“Yah kita belum berani memastikan ini apakah buaya yang selama ini pernah menyerang almarhum Maulana beberapa waktu lalu, ini hanya orang pintarlah yang tahu,” katanya.

Namun demikian menurut orang pintar kata Suparman, buaya yang memakan pancing, biasanya adalah buaya yang pernah merasa bersalah semasa hidupnya.

“Kata orang pintar sih kayak gitu, tapi kita juga belum berani memastikannya,” pungkas Suparman.