Wartawan se Babel Kompak Mengecam

*Minta Usut Tuntas Kasus Pemukulan Wartawan

Massa dari sejumlah organisasi wartawan, kepemudaan, dan organisasi masyarakat, saat melakukan aksi solidaritas di Simpang Lima Tugu Bundaran Satam, Pusat Kota Tanjungpandan, Kamis (28/9) sore kemarin. Foto Yudiansyah/be

belitongekspres.co.id, Wartawan se Provinsi Bangka Belitung (Babel) kompak mengecam tindak kekerasan yang menimpa wartawan Harian Pos Belitung (Posbel) Disa Aryandi. Kecaman itu dilontarkan para jurnalis saat menggelar aksi solidaritas di wilayah Kabupaten/kota masing-masing, Kamis (28/9) kemarin.

iklan swissbell

Wartawan dari sejumlah media massa cetak, online dan elektronik di Babel, meminta aparat kepolisian menindak tegas dan mengusut tuntas aksi premanisme yang dilakukan oleh oknum LSM Intel dan Perwabel tersebut.

Di Kabupaten Belitung sendiri, selain organinasi wartawan, dukungan pengusutan tuntas kasus pengeroyokan wartawan di Kantor Pos Belitung, Selasa (26/) lalu, juga datang dari organisasi kepemudaan, dan organisasi masyarakat (Ormas).

Baca Juga:  Toga dan Tomas Desa Badau Serukan Tolak People Power!

Mereka berkumpul melakukan aksi solidaritas di Simpang Lima Tugu Bundaran Satam Pusat Kota Tanjungpandan, Kamis (28/9) sore kemarin. Beragam nada kecaman dan dukungan pengusutan kasus yang ditulis di atas karton, mereka bentangkan.

Seperti, tulisan Adili dan Usut Tuntas Aktor Pengeroyokan Wartawan, Save Disa, Stop Intimidasi Wartawan, Kebebasan Pers Dilindungi Undang-undang, Pers Adalah Kawan, Pers Bukan Lawan, Bubarkan LSM Radikal, Junjung Tinggi Kebebasan pers, dan lain sebagainya.

“Kami yang tergabung di sini, dukung pihak kepolisian untuk mengusut tuntas kasus pengeroyokan terhadap rekan kami Disa Aryandi. Tangkap pelakunya dan tegakkan hukum,” ujar Rofik dari Pokja Wartawan Belitung yang menjadi koordinator aksi damai tersebut.

Usai berorasi sekitar 1 jam, rombongan dari berbagai organisasi dan komunitas ini, melakukan penandatanganan bersama. Dua lembar kertas penuh dengan bubuhan tandatangan dari berbagai perwakilan organisasi dan komunitas tersebut.

Baca Juga:  Mutasi Pejabat Baru Dilantik Jadi Sorotan

“Ini sebagai bentuk dukungan kami kepada pihak kepolisian dalam mengusut tuntas kejadian kekerasan kepada rekan kami Disa (korban,red),” kata Rofik.

Beberapa organisasi yang membubuhkan tanda tangan di antaranya, Pokja Wartawan Belitung, KNPI Kabupaten Belitung, Pemuda Pancasila, Gapabel, Taekwondo Belitung, Amuk Belitung, Angelo Brothers Club, HPI Kabupaten Belitung, Maung Pande Belitung, ISPB dan Taekwondo Beltim.

Usai ditandatangani oleh belasan OKP, Ormas, Organisasi Wartawan, Organisasi dan Beladiri, surat dukungan pengusutan kasus ini diserahkan ke Polsek Tanjungpandan. Saat ini proses hukum masih berjalan di Polsek Tanjungpandan dan Polres Belitung.

Dalam surat itu, mereka sepakat meminta agar polisi mengusut semaksimal mungkin terhadap pelaku, dalang, dan aktor intelektual atas peristiwa pengeroyokan tersebut. Tak Hanya itu mereka juga meminta LSM Intel dan Perwabel dibubarkan. (kin/red)

Rate this article!
Tags:
author

Author: