Waspada! CD Impor Mengandung Virus

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

* Romli:  Jadilah konsumen yang cerdas

PANGKALPINANG – Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop) dan UMKM Kota Pangkalpinang Romli Zarkasi memperingati masyarakat Pangkalpinang agar lebih teliti dalam memilih celana dalam yang di produksi perusahaan luar negeri.
Ia mengkhawatirkan, celana dalam bekas yang didatangkan dari luar negeri terindikasi mengandung virus yang mengancam kesehatan bagi pemakainya. Jika tidak berhati-hati, menurutnya bukan tidak mungkin virus tersebut dapat berakibat fatal bagi masyarakat.
” Jadilah konsumen yang cerdas, pilih dan belilah barang sesuai dengan kebutuhan kita, ” ujar Romli ketika ditemui Radar Bangka (RB), kemarin (9/2).
Masih katanya, Disperindagkop akan sesegera mungkin menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pedagang pakaian bekas yang ada di Ibukota Bangka Belitung (Babel) ini untuk melindungi hak para konsumen.
“Secepatnya akan kita tindak tapi terlebih dahulu kita akan mengecek seperti apa perdagangan pakaian bekas termasuk pendataan wilayah perdagangannya,” jelasnya.
Terpisah, menanggapi hal tersebut, Sekretaris Komisi I DPRD Pangkalpinang, D.M Gandhi menjelaskan, Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Disperindagkop Kota Pangkalpinang memang sudah seharusnya segera melakukan pengontrolan di pintu masuk Negeri Serumpun Sebalai dan melakukan penelitian terhadap produk baju bekas yang sudah terlanjur beredar.
“Apalagi sudah dilakukan penelitian oleh instansi pusat bahwa terdapat ribuan bakteri yang membawa penyakit yang terkandung di dalam satu helai pakaian tersebut, “ungkapnya.
Sementara, Sekretaris Komisi II DPRD Kota Pangkalpinang, Sadiri mengungkapkan persoalan masuknya baju bekas, sudah dilarang oleh Kementerian Perdagangan dan Perindustrian sejak 1994 silam. Untuk itu Pemkot dalam hal ini Disperindagkop seharusnya lebih peka akan kemudahan masuknya barang tersebut dengan dinas terkait untuk melihat surat dan prosedur yang sah.
“Harus kita kontrol dari sekarang bersama dinas terkait dan kita teliti lagi apakah pakaian itu memang membawa virus berbahaya supaya bisa kita tindak lanjuti kedepannya,” tutupnya. (cr61)

banner 1200x200

Baca Juga:  Elfandi Pantau Atlet Atletik Jarak Jauh di Pengalengan Bandung
Rate this article!
Tags:
author

Author: