Waspada! KPA Catat 19 Kasus Baru HIV di Belitung

by -
Waspada! KPA Catat 19 Kasus Baru HIV di Belitung
Ilustrasi HIV

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Belitung, mencatat sepanjang tahun 2020 ada 19 orang positif kasus Human Immunodeficiency Virus atau HIV, di Negeri Laskar Pelangi.

“Kalau sampai November menurun, angka kejadian yang positif. Tahun kemarin 32 kasus baru, tahun ini sampai November ada 19 kasus baru,” kata Plt Sekretaris KPA Kabupaten Belitung Robi kepada Belitong Ekspres, Rabu (02/12) kemarin.

Menurut Robi, Kasus tersebut berasal dari beberapa hal. Seperti macam-macam yang terkena gaya hidup, ada perilaku kepribadian yang berbeda dari normal, dan waria yang positif. Penderita masih hampir mirip dengan tahun sebelumnya.

Robi menyebutkan kalau yang didata penyembuhan dari dinkes dan rumah sakit dan puskesmas ada terapi obat, HRV. Sedangkan preventif dari KPAD Puskesmas, Dinkes kunjungan dan imbauan kepada orang yang berisiko tinggi yang menularkan HIV AIDS. “Misalkan di kafe dan hiburan malam, secara logika agak berisiko tinggi,” sebutnya.

Kemudian kata dia, fokus utama di langkah preventif yakni banyak ke imbauan dan penyuluhan dan masukan, jangan sampai terkena, apalagi menularkan. “Tiap puskesmas kayak ke sekolah, dari dinas ke tempat hiburan malam, KPA banyak fokus ke penyuluhan desa,” terangnya.

Oleh karena itu, dirinya memberikan Imbauan mungkin untuk lebih misalkan lebih menjaga dalam hidupnya, prinsip, jadikanlah kesehatan kebutuhan jangan menjadi beban. “Kita tahu ada tetangga atau saudara terkena HIV jangan dijauhi, itu harus dirangkul. Jangan ada diskriminasi orang terkena HIV,” tandasnya. (dod)