Waspada Transmisi Lokal, 1 Warga Jangkang Positif Corona

by -
Waspada Transmisi Lokal, 1 Warga Jangkang Positif Corona
Ilustrasi

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kasus virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Beltim kini mulai menyebar melalui transmisi lokal. Seorang warga Desa Jangkang Kecamatan Dendang, inisial S (42) dikabarkan terkonfirmasi positif Covid-19. Informasi resmi disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Beltim Ikhwan Fahrozi, melalui siaran pers Selasa (17/11) petang kemarin.

“Berdasarkan pemeriksaan melalui alat TCM di RSMJ Tanjungpandan, kami laporan bahwa pada tanggal 16 November 2020 sore, Tn S laki-laki berumur 42 tahun beralamat di Desa Jangkang, Kecamatan Dendang dinyatakan Terkonfirmasi POSITIF COVID-19,” kata Sekda Beltim Ikhwan Fahrozi.

Dipaparkan Sekda, yang bersangkutan sejak seminggu yang lalu mengalami keluhan demam, sakit kepala dan menggigil. Kemudian pada hari Minggu tanggal 15 November 2020 pria itu berobat ke salah satu rumah sakit swasta di Tanjungpandan, dan dilakukan rapid antigen IG.g, dengan hasil reaktif.

Kemudian langsung dirujuk ke RSUD dr H Marsidi Judono (RSMJ) Tanjungpandan, untuk selanjutnya dilakukan uji Swab pada hari Minggu dan Senin. Hasilnya pasien S positif terjangkit virus dari Wuhan China tersebut.

“Saat ini yang bersangkutan sudah dirawat di RSMJ Tanjungpandan. Dengan bertambahnya satu orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka pasien Covid-19 di Kabupaten Belitung Timur berjumlah 19 orang,” terang Ikhwan.

Sementara itu, Kabid P2P Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Beltim, Supeni mengatakan, bahwa yang bersangkutan tidak pernah ada riwayat perjalanan keluar daerah. Dengan demikian, dipastikan bahwa yang bersangkutan terpapar covid-19 melalui transmisi lokal.

“Saya berharap sekali agar kita semua selalu mawas diri, jangan menganggap remeh Covid-19 ini. Dan penting sekali untuk menjadi perhatian kita bersama, agar bagi siapa saja yang pernah kontak dengan pasien tersebut, harap segera melaporkan diri ke DKPPKB Kabupaten Beltim, dan pusat kesehatan masyarakat lainnya,” pintanya.

Selain itu, DKPPKB Kabupaten Beltim juga tak henti hentinya mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar selalu menerapkan Protokol Kesehatan di manapun berada. “Diantaranya untuk selalu memakai masker, rajin mencuci tangan pakai sabun di air yang mengalir, jaga jarak dan jangan suka berdiam di tempat keramaian serta makan-makanan yang sehat dan bergizi,” tukas Supeni. (dny)