banner 728x90

Waspada! Tren HIV/AIDS Meningkat di Tahun 2019

Life at ease with amazing nature| Leebong island
Waspada Tren HIV-AIDS Meningkat di Tahun 2019

Kasi Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit Menular (P3M) Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Musrani

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Jumlah kasus HIV/AIDS di Kabupaten Belitung pada 2019 mengalami tren peningkatan jika dibandingkan pada Tahun 2018 lalu. Dari data yang tercatat Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, untuk Tahun 2019 sampai bulan September berjumlah 26 kasus. Sedangkan selama Tahun 2018 berjumlah 21 kasus.

Kasi Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit Menular (P3M) Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Musrani, mengatakan, pada tahun 2018 ditemukan sedikitnya ada dua orang meninggal dunia akibat penyakit HIV/AIDS tersebut. Kemudian pada tahun 2019 sampai bulan September dua diantaranya juga sudah meninggal dunia.

Dijelaskannya, virus HIV/AIDS menyebabkan imunitas daya tahan tubuh menjadi lemah dan virus ini bisa menular melalui kontak dengan darah yang terinfeksi, air mani, atau cairan vagina maupun narkoba.

“Rata-rata orang yang terkena virus HIV/AIDS di usia yang masih produktif antara kisaran umur 25 tahun sampai 49 tahun,” ungkapnya kepada belitongekspres.co.id Selasa (8/10) kemarin.

Dijelaskan Musrani, ada beberapa tempat yang beresiko besar tertular virus tersebut. Diantaranya Tempat Hiburan Malam (THM), panti pijat dan tempat karaoke.

Oleh sebab itu, Dinas Kesehatan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakatan baik melalui petugas di lapangan maupun melalui Puskesmas dampak dan bahaya penyakit HIV/AIDS tersebut.

“Kita juga rutin melakukan pengecekan ke tempat-tempat yang beresiko tertular virus tersebut dan pada Tahun 2019 ini semua OPD di jajaran Pemkab Belitung akan dilakukan pemeriksaan untuk pengecekan HIV/AIDS maupun untuk penyakit tidak menular lainnya,” tukasnya.

Musrani menambahkan, untuk menanggulangi masalah tersebut pemerintah pusat memberikan pengobatan dan pemeriksaan gratis kepada masyarakat yang mengidap virus HIV/AIDS.

“Kepada masyarakat, khususnya yang mengidap penyakit HIV/AIDS jangan malu dan ragu untuk berkonsultasi apalagi pemerintah sudah memberikan pemeriksaan dan pengobatan secara gratis,” pungkasnya.

(Rheza | belitongekspres.co.id)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply