Waspada Virus Corona, Jaga Pola Hidup Sehat dan Bersih

by -
Waspada Corona, Jaga Pola Hidup Sehat dan Bersih

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Hingga saat ini korban meninggal dunia dari Novel Corona Virus (2019-nCoV) mencapai angka di atas 1000 orang. Bahkan belum ditemukan vaksin yang mampu melawan virus tersebut. Oleh karena itu, Kepala KKP Kelas III Pangkalpinang, Dr Bangun Cahyo Utomo memberikan paparan materi kepada tenaga medis di Puskesmas Manggar terkait penanganan virus Corona.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di ruang pertemuan Puskesmas Manggar Kamis (13/2) kemarin, Dr Bangun mengatakan bahwa belum ditemukan di Indonesia pasien mengidap virus Corona. Namun tetap dalam kewaspadaan.

“Sampai saat ini Corona belum ada di Indonesia. Memang tidak ada. Alat deteksi dari litbangkes sudah menyiapkan alatnya, kita sudah mampu untuk mendeteksi. Kita semua lintas sektor, lintas program bekerjasama, baik mulai di Pelabuhan sampai dengan di Wilayah, bekerja sama untuk mengsinkronisasi kegiatan terkait penanganan kasus Corona,” ujar Dr Bangun.

Dikatakan dia, jangan terlalu takut terhadap Corona. Yang penting jaga kesehatan, jaga perilaku hidup bersih dan sehat, olahraga cukup, istirahat cukup, dan makan makanan yang bergizi. “Sampai saat ini penyebaran dari barang tidak, jadi penyebaran dari human to human, jadi virus itu bisa hidup dari organ mahluk hidup. Kalau dari barang sangat kecil penularannya. Lebih ke kontak, maksudnya dari manusia ke manusia. Walaupun dia keluar dari manusia, waktu hidupnya (virus) tidak akan lama,” ungkapnya.

“Alat Pengaman Diri (APD) di Manggar sudah kita siapkan untuk melakukan penanganan sampai dengan rujukan, cukup. Ada 5 unit kita siapkan. Jadi cukup untuk penanganan dari kapal sampai ke rujukan rumah sakit,” pungkas. (dny)

Editor: Yudiansyah