Waw, Batu ini Bermotif Soekarno

by -

Batu Soekarno Ok

TANJUNGPANDAN-Saat ini, demam akan Batu Akik telah menjadi fenomena sosial di Indonesia. Di banyak tempat bisa ditemui penjual-penjual batu cincin yang menyediakan berbagai jenis batu akik. Ada banyak alasan seseorang membeli batu cincin berbagai ukuran itu, mulai dari alasan keindahan hingga alasan klenik.

Salah satunya batu bergambar yang belakangan ini banyak diburu karena memiliki corak unik menyerupai gambar, misalnya gambar ular, naga, nyi roro kidul, putri duyung dan sebagainya.

Berawal dari hobinya yang gemar mengoleksi berbagai jenis batu akik seperti Bacan, Sulaiman dan jenis-jenis batu terkenal lain, Levi warga Pilang Tanjungpandan, Belitung menemukan sebuah batu yang bermotif unik.

“Awalnya seperti biasanya saya selalu mencuci dan membersihkan batu-batu akik milik saya. Satu persatu saya lap menggunakan tisu, lalu iseng saya foto-foto batu-batu ini setelah dilihat-lihat ada salah satu batu yang memiliki motif unik seperti orang memakai peci atau orang sholat,” ujar Sulaiman kepada Belitong Rabu (11/3) kemarin.

Ia baru menyadari batu itu bermotif tokoh salah satu proklamator kemerdekaan Republik Indonesia Soekarno setelah bertemu dan ngobrol sesama teman-temannya pecinta batu. “Saat menunjukkan batu tersebut, teman saya bilang motifnya mirip sosok presiden pertama RI Soekarno,’’ katanya.

Penasaran dibilang mirip, Levi kemudian browsing di internet untuk melihat foto-foto Presiden Soekarno. Dan ternyata benar motif batu miliknya mirip dengan sosok Presiden pertama Indonesia tersebut.

Tak sampai di situ saja, untuk lebih memastikan keaslian batu itu Levi sengaja mendatangi ahli-ahli batu akik di Belitung. Ahli-ahli batu tersebut menyatakan batu milik Levi memang benar-benar asli. Setelah benar-benar yakin, Levi pun menamai batu miliknya itu “RI 1”

Jika ada orang atau para pecinta batu yang ingin membuktikannya langsung dipersilakan ke Belitung. Sayangnya si Pemilik tak mau menyebutkan harga yang dia inginkan berapa. “Harapan saya sih kalau ada kesempatan ingin bertemu dengan Ibu Megawati untuk menunjukan batu saya ini,” ucapnya sambil tersenyum. (adv)