Wisatawan Tewas, Kesbangpol PB Angkat Bicara

by -

*Jika Ingin Berenang, Dihimbau Selalu gunakan Pengaman

TANJUNGPANDAN – Kabid Penanggulangan Bencana dari Badan Kesatuan Bangsa, Politik, dan Penanggulangan Bencana (Kesbangpol PB) Belitung Guntur Sianipar menanggapi kejadian tenggelamnya Michael (27), salah seorang wisatawan yang tewas tenggelam di Pantai Batu Belayar, Tanjung Kelayang pada Rabu (22/7) lalu.

Menurut Guntur Sianipar, tenggelamnya salah seorang pengunjung dari daerah Perumnas Tanjungpandan tersebut dikarenakan korban tidak memakai perlengkapan standar pada saat melakukan snorkeling. “Dari informasi yang kami dapat, korban tidak memakai life-jacket saat berenang di Pantai Batu Belayar tersebut,” ujar Guntur sapaan akrabnya,kepad belitong Ekspres, Jumat kemarin.

Berdasarkan kejadian nahas tersebut, Guntur menghimbau agar para pengunjung atau wisatawan yang ingin berenang di area-area tertentu untuk selalu menggunakan pengaman. Pihak Penanggulangan Bencana juga berencana agar mendirikan posko di daerah Tanjung Kelayang pada Tahun 2016 dan mengadakan patroli rutin untuk mengamankan kawasan wisata pantai. Untuk pengawas pantai sendiri, direncanakan akan dijaga sekitar tiga sampai empat personel.

Kalau tidak ada halangan, tahun mendatang pihaknya akan mengusulkan anggaran ke Pemda Belitung untuk peralatan sarana mitigasi. “Untuk peralatan rescue di sini masih minim. Untuk itu, kita akan mengajukan APBD untuk melengkapi sarana dan prasarana penganggulangan bencana,” tutup Guntur. (mg3)