Wow.., Tarian Pendulang Timah Kolosal Dapat “Job”

by -

*Usai Diresmikan Diparta, Mampu Naikkan Pamor Belitong

foto A- tarian pendulang timah dapat job perdana - Copy

Foto A: ainul yakin/be
MERINDING: Sebanyak 700 anak bahkan lebih yang dicat (body painting) khusus untuk memerankan tarian Pendulang Timah Kolosal pada ajang Festival Laskar Pelangi 2015.

TANJUNGPANDAN-Tarian Pendulang Timah Kolosal telah mampu mencatatkan diri sebagai tarian dengan jumlah penari di-body painting terbanyak di Indonesia. Catatan sejarah baru ini sudah dibukukan oleh Original Rekor Indonesia (ORI). Tarian sebagai bentuk artikulasi kondisi masyarakat Belitong ini biasanya hanya tampil pada momen Festival Laskar Pelangi yang hanya digelar setahun sekali.
Nah, kabar membanggakan telah muncul. Usai diresmikan pada Minggu (30/8) lalu oleh Dinas Pariwisat dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung, Tarian ini sudah dipesan alias dapaj “job” perdana untuk tampil pada Jumat (4/9) mendatang. Tarian yang disajikan oleh mayoritas anak-anak Sanggar Belitong ini akan unjuk gigi pada sebuah acara yang digelar oleh perguruan tinggi asal Bandung saat ada kegiatan di Belitung. Jumlah penari yang akan tampil sebanyak 50 orang.
“Ini sesuatu yang membanggakan bagi para koreografer Wulan dan Widia dan pembina tarian ini dari Sanggar Belitong, Bang Alek. Mereka sudah dapat job, artinya itu sudah dapat pengakuan sebagai sebuah karya fenomenal dari urang Belitong,’’ ujar Andrea Hirata, sang  pemrakarsa sekaligus konseptor Tarian Pendulang Timah Kolosal ini kepada Belitong Ekspres, kemarin.
Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung, Hermanto menyatakan, sekarang Tarian Pendulang Timah sudah resmi bisa ditampilkan di berbagai kegiatan, termasuk kegiatan yang digelar oleh pemerintah. Seperti halnya sejumlah tarian dan atraksi lain yang biasa tampil seperti Tari Selamat Datang, Seni Campak, Beribat Beregong, dan sejumlah tarian khas Belitong lainnya.
“Saya berharap, hasil karya dan kreatifitas urang-urang kreatif dan genius di Belitung ini mampu meningkatkan pamor Pulau Belitung sebagai daerah tujuan wisata yang menarik wisatawan,’’  ungkap Hermanto.(agu)