Wow, Titik Nol Belitong di Tanjungpendam

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

Wow, Titik Nol Belitong di Tanjungpendam

Dijadikan Ikon Tanjungpendam akan Lebih Bagus

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Selama ini mungkin banyak warga masyarakat Belitong yang mengira titik nol pulau Belitong berada di Simpang Lima Tugu Satam atau Bundaran Tugu Satam. Ternyata, anggapan tersebut salah. Sebab, titik nol Pulau Belitong ada di Tanjungpendam.

Informasi yang dihimpun Belitong Ekspres, kepastian lokasi titik nol Pulau Belitong di Pantai Tanjungpendam itu dibutikan dengan adanya sebuah tugu. Tugu itu ternyata sampai sekarang masih berditi tegak d ibelakang panggung besar Taman Hiburan Tanjungpendam, tepatnya di atas bebatuan besar.

Kepala UPTD Tanjungpendam Sugianto membenarkan di wilayah kerjanya ada titik nol Pulau Belitong. Dulunya di sekitar batu itu ada banyak ditumbuhi pohon pandan dan ada tanjung. Maka itulah asal usul Kota Tanjungpandan. Titik nol kilometer pulau Belitong dipasang patok berupa semen yang dibuat persegi.

“Di belakang panggung besar yang dibuat oleh Belanda pada waktu itu. Ini perlu kita sikapi bersama sebagai sebuah peninggalan positif yang memiliki nillai sejarah dan keilmuan secara geografis wilayah karena bisa dijadikan titik awal sebuah wilayah,” kata Sugianto saat ditemui BE, Sabtu (27/12), pekan lalu.

Baca Juga:  Runway Rusak, Operasional Penerbangan Sempat Ditutup

Menurut Sugianto, titik nol kilometer Pulau Belitong ini nampaknya belum diperhatikan. Di lokasinya tak ada plang atau papan nama penjelasan. Akhirnya di masyarakat Belitong saja belum banyak yang tahu. Sampai saat ini Sugianto pun mengakui bahwa Pantai Tanjungpendam belum ada ikon. Ikon untuk dijadikan identitas khas memiliki ruah kuat sebagai citra yang identik dengan Pantai Tanjungpendam.

“Itu masukan yang bagus, kita berusaha buat plang bahwa itu titik nol kilometer. Kita akan berkoordinasi dengan ahli sejarah di Belitung,” ujar Sugianto.

Ia akan berkoordinasi dengan ahli sejarah biar dijelaskan ke masyarakat kalau titik nol ada di Tanjungpendam. Ke depan ia berusaha sedikit demi sedikit mengemas pantai Tanjungpendam supaya lebih baik lagi.

Baca Juga:  Pelatih dan Atlet PAB KONI Belitung Diberikan Sosialisasi Bahaya Narkoba

“Untuk sementara baru kita pasang lampu, memang akhir-akhir ini ada beberapa wisatawan nusantara foto di situ. Batu juga kita usahakan akan dibersihkan, secara alami kita tidak akan pasang aksesoris,” tukasnya.

Terpisah pemerhati sejarah dan budaya Belitong Salim YAH membenarkan bahwa titik nol berada di pantai Tanjungpendam. Tepatnya berada di atas batu di belakang panggung besar di kawasan Tanjungpendam.

Sayangnya, tak ada tanda atau pengenal bahkan plang nama. Sehingga tak banyak yang tahu itu adalah titik nol Belitong.

Dalam sejarah yang menentukan patok tersebut adalah Bangsa Belanda. Namun Salim tidak ada catatan nama dan tahun pemasangan patok. “Patoknya memang di situ, tapi saya tidak punya catatan siapa yang pasang,” kata Salim di kediamannya, Senin (29/12) kemarin.

(Ade | belitongekspres.co.id)

Tags:
author

Author: