WTP Lepas, SKPD Disanksi

by -

SUNGAILIAT- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI bekerjasama dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) pusat yang difasilitasi Inspektorat Kabupaten Bangka menggelar semiloka Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) Korupsi di lingkungan Pemda Bangka, Kamis (3/12) di O.R Bangka Bermartabat Setda Bangka.
Bupati Bangka, H. Tarmizi Saat ketika memberikan sambutan mengatakan, Pemda Bangka sangat menyambut baik kegiatan yang digelar oleh KPK dan BPKP RI dalam rangka deteksi awal untuk pencegahan korupsi di Kabupaten Bangka. ‘’Pemkab Bangka mempunyai komitmen bersama untuk menjalankan pemerintahan yang bersih dan melayani dan juga menargetkan pencapaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada laporan keuangan dan bagi SKPD yang tidak mendukung akan diberikan sanksi,’’ ungkap Bupati Bangka.
Lebih lanjut, Bupati Bangka mengatakan bahwa dalam menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Bangka tidak ada anggaran siluman berdasarkan KUA PPAS. Dalam penganggaran laporan keuangan sudah online dengan BPKP RI dan juga mempunyai bagian ULP dalam pengawasan dan system pengendalian internal. ‘’Kita berharap prinsip tata kelola pemerintahan yang optimal bisa ditingkatkan dengan system pemerintahan yang bersih dan melayani,” jelas Bupati Bangka.
Sementara itu, Deddy Hartono, Kepala Satgas Direktorat Litbang KPK RI dalam arahannya mengatakan bahwa pencegahan dan pemberantasan korupsi harus terus dilakukan karena dampak dari korupsi bisa meningkatkan pengangguran, kemiskinan, kesenjangan dan penurunan pelayanan publik. ‘’Untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat pimpinan daerah dituntu untuk memiliki integritas dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi,’’ tutur Deddy.
Dalam kegiatan tersebut juga diberikan paparan oleh kepala Biro Umum BPKP RI, Suryo, dengan materi pengutamaan SPIP untuk mendukung APBD dan Keuangan Desa Pro Kesejahteraan rakyat. Paparan juga dilakukan oleh Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Babel, Ramli M. Sihombing, dan kepala Inspektorat Kabupaten Bangka, Darius. Sesi tanya jawab juga dilakukan dalam kegiatan tersebut yang dihadiri oleh Ketua DPRD Bangka beserta anggota, Kapolres Bangka, kepala SKPD Pemda Bangka, mahasiswa, pimpinan media cetak dan elektronik serta para tamu undangan lainnya.(rel)