Yoh, Kite Ikut Seleksi Panwascam

by -

KOBA – Guna memaksimalkan pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) tahun 2015 ini di enam kecamatan se Bateng, maka Panitia Pengawas Kabupaten Bateng sejak Sabtu (2/5) kemarin mulai mengumumkan pendaftaran calon Panwascam.
Menurut Ketua Panwaskab Bateng, Anwar Effendi SH, bahwa pihaknya telah membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota Panwas Kecamatan.         “Kita menghimbau, agar masyarakat Bateng dapat terlibat dalam pengawasan dalam gelaran Pilkada 2015 ini. Dan kami membuka kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi Panwascam di 6 Kecamatan se Bateng sejak hari ini (Sabtu-red),” ujar Anwar kepada Radar Bangka, di sekretariat Paswaskab Bateng, Sabtu (2/5) kemarin.
Lanjut Anwar, adapun ketentuan pendaftaran Panwascam dengan persyarakatan sebagai berikut; WNI berusia paling rendah 25 tahun berpendidikan minimal SLTA; Setia kepada Pancasila sebagai dasar Negara, Undang – undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945; Berintegritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil; Memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu dan Pengawasan Pemilu; Berdomisili di wilayah Kecamatan yang bersangkutan dibuktikan dengan KTP; Mampu secara jasmani dan rohani; tidak pernah menjadi anggota  partai politik atau telah mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik sekurang-kurangnya dalam jangka waktu 5 tahun pada saat mendaftarkan diri; Mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan Badan Usaha Milik Negara/ Badan Usaha Milik Daerah / Badan Usaha Milik Desa pada saat mendaftarkan sebagai calon.     “Kemudian, pelamar tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih,” ucap Anwar. Selanjutnya, pelamar yang lulus menjadi Panwascam harus bersedia bekerja penuh waktu; Bersedia tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan dan Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah/Badan Usaha Milik Desa selama masa keanggotaan apabila terpilih.
“Dan terpenting, tidak berada dalam satu ikatan perkawinan dengan sesama Penyelenggara Pemilu. Kami pun berharap, agar peserta pelamar Panwascam Pilkada Bateng 2015 ini dapat lebih ramai pesertanya. Sehingga nantinya hasil seleksi betul-betul tenaga yang berintegritas tinggi dan profesional dalam menyukseskan Pilkada Bateng 2015 sesuai dengan tupoksinya,” harap Anwar.
Setelah seorang calon pelamar memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditentukan itu, lalu mengajukan surat pendaftaran yang ditunjukan kepada Panwas Kabupaten Bangka Tengah dengan dilampiri dengan fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP); Fotocopy ijazah pendidikan terakhir yang sudah disahkan / dilegalisir oleh instansi berwenang; Pas foto warna terbaru ukuran 4×6 sebanyak 5 lembar; Daftar Riwayat Hidup (DRH) dan membuat Surat Pernyataan.
“Pelamar, dapat melampirkan keterangan atau bukti lain yang mendukung kempetensi calon. Sedangkan formulir berkas administrasi calon anggota Panwas Kecamatan dan keterangan lebih lanjut dapat diperoleh di Sekretaris Panwas Kabupaten Bangka Tengah atau Kantor Kecamatan masing-masing,” tambahnya.
Selanjutnya, dokumen pendaftaran dibuat masing-masing rangkap 3 terdiri dari 1 asli dan 2 fotocopy yang dapat diantarkan langsung atau dikirim melalui pos, via email, atau fax ke Sekretariat Panwas Kabupaten Bangka Tengah, Jalan Merdeka Kelurahan Padang Mulia Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah Kode Pos 33181. “Untuk waktu penerimaan pendaftaran mulai tanggal 02 Mei 2015 hingga 12 Mei 2015. Untuk pendaftaran dan seleksi adalah gratis atau tidak dipungut biaya sepeserpun. Selain itu, penjaringan Panwascam ini kami umumkan juga melalui media massa agar lebih menyebar dan lebih transparan. Maka dari itu jika anda berminat dan yakin dengan skill anda, maka tunggu apa lagi ayo bersegeralah mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi Panwascam ini,” tandas Anwar, seraya menegaskan bahwa pihaknya akan menyeleksi anggota Panwascam secara ketat dan profesional.(and)