Yudhi Yakin Peluang Kerja Masih Terbuka

by -

TANJUNGPANDAN-Mengamati pertumbuhan industri yang terkait dengan hospitality seperti perhotelan, tentu membutuhkan sumber daya manusia (SDM). Ironisnya, ketika pasar kerja membutuhkan SD dengan kualifikasi tertentu misalkan lulusan D3 perhotelan, namun kenyataannya masih sangat minim ketersediaan SDM tersebut di Belitung.
“Saya membaca iklan lowongan salah satu hotel di Belitung yang membuka lowongan kerja dimuat di surat kabar lokal. Di situ sejumlah posisi penting harus diisi dengan syarat lulusan D3 dan berpengalaman selama dua tahun,’’ ujar Direktur Poltek Darma Ganesha, Yudhi Darma kepada Belitong Ekspres, kemarin.
Yudhi meyakini, tak hanya hotel yang beriklan ini saja yang membutuhkan SDM berkompeten di bidang perhotelan dari segala posisi/jabatan. Jadi, dengan puluhan hotel yang kini sudah berdiri dan mungkin masih banyak lagi yang dalam perencanaan, harus diantisipasi dengan baik. Sebab, ini jelas-jelas menjadi peluang dan kesempatan SDM Belitung menempati posisi-posisi yang dibutuhkan hotel tersebut.
“Kan banyak orang khususnya anak muda yang mengeluh sulit mencari pekerjaan. Padahal, jelas-jelas perhotelan membuka lowongan yang berarti membutuhkan tenaga kerja. Ini harus jadi perhatian bersama dunia pendidikan dan pemerintah. Jadi, tetap meski ada permintaan SDM, maka SDM juga harus disiapkan sebaik mungkin,,’’ papar Yudhi.
Menurut Yudhi, jika melihat pengalaman usai mengadakan kegiatan lomba kompetensi hotel dan restoran beberapa minggu yang lalu, Yudhi menyimpulkan bahwa kualitas SDM Pariwisata Belitung masih harus ditingkatkan. Jadi, masih banyak kekurangan baik secara kualitas maupun kuantitas SDM.
Dengan melihat fakta kondisi yang sudah diprediksi sebelumnya, maka dirinya sudah membuka sejumlah jurusan yang dibutuhkan di pasar kerja. “Dan planning kita buka D3 perhotelan sejak beberapa tahun lalu, sudah melihat kebutuhan beberapa tahun ke depan. Dan sekarang ini momennya, jika dulu banyak yang mengenyam pendidikan D3 perotelan, sekarang ini kenyataan banyak dibutuhkan,’’ papar Yudhi.
Dia berharap, para lulusan dari pendidikan Poltek yang dikelolanya mampu menempati posisi-posisi strategis di pehotelan. Dengan demikian, misi untuk membangun SDM tangguh dan kompetitif serta andal bisa terwujud, sehingga tak ada lagi kesulitas pasar untuk merekrut SDM.(agu)