Yuslih Ajak Anak-Anak Jaga Kesehatan Gigi

by -
Yuslih
ilustrasi-kesehatan-gigi-pixabay
ilustrasi. foto : pixabay

MANGGAR – Ratusan pelajar Sekolah Dasar (SD) melaksanakan kegiatan sikat gigi bersama di halaman SD Negeri 1 Manggar Belitung Timur (Beltim) dalam memperingati hari kesehatan gigi dan mulut sedunia, Kamis (23/3) Kemarin. Kegiatan yang dilaksanakan Ikatan Dokter Gigi Indonesia (IDGI) Kabupaten Beltim ini menghadirkan Bupati Beltim Yuslih Ihza.

Dalam kesempatan itu, Bupati Beltim Yuslih mengatakan kesadaran masyarakat menjaga kesehatan gigi dan mulutmasih minim sehingga dampaknya masih tinggi kasus-kasus penyakit gigi dan mulut. Apalagi Beltim sebagai penghasil timah, secara tidak langsung dapat mempengaruhi kondisi air yang kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan berdampak pada kesehatan gigi dan mulut.

“Kabupaten Beltim merupakan salah satu daerah penghasil timah yang dapat mempengaruhi kondisi air. Penggunaan air yang sudah tercemar tanpa kita sadari dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut. Apalagi kesadaran masyarakat menjaga kesehatan gigi dan mulut masih minim sehingga dampaknya masih tinggi kasus-kasus penyakit gigi dan mulut.,” ungkap Yuslih.

Untuk itu, lanjut Yuslih, pencegahan untuk mengatasi gigi dan mulut harus dilakukan sedini mungkin. Peran orang tua sangat penting untuk membiasakan anak-anaknya menggosok gigi secara rutin.

Kita harus membiasakan anak-anak kita untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menggosok gigi secara rutin, minimal dua kali sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur,” ujar Yuslih

Melalui Hari Kesehatan Mulut Dunia atau World Oral Health Day (WOHD) yang diperingati setiap tanggal 20 Maret, Bupati Beltim mengajak  semua pihak untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, baik usia muda dan usia tua.

Sementara itu Ketua panitia kegiatan tersebut drg. Ayu Nilamsari mengatakan peran orangtua dan keluarga sangat penting untuk mengajak anak-anaknya membiasakan sejak dini menggosok gigi.

“Peran orangtua dan keluarga sangat penting untuk memberi kesadaran bagi anak-anaknya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Mari kita biasakan anak-anak kita untuk menggosok gigi secara rutin agar lebih sehat,” pesan drg. Ayu yang saat ini bertugas di puskesmas Dendang. (feb)