Yuslih Bongkar Kabinetnya Besar Besaran

by -

*Ratusan Pejabat Eselon akan Dilantik Hari Ini‎

MANGGAR – Pelantikan atau perombakan Kabinet di Jajaran Pejabat Pemkab Belitung Timur (Beltim) nampaknya akan berjalan sesuai rencana yang dijanjikan Bupati Beltim, Yuslih Ihza,SE beberapa waktu lalu. Dan, perombakan ini akan dilakukan secara besar besaran, hari ini, Selasa (3/1).

Pasalnya, berkas surat terkait Pelantikan Pejabat Struktural Eselon II hingga IV lingkungan Pemkab Beltim beredar di kalangan wartawan. Surat itu bernomor 800/609/BKD/III/2016, bertanggal 30 Desember 2016, dan ditandangani Sekretaris Daerah Kabupaten Beltim, Talafuddin. Berdasarkan isinya tentang pelantikan yang akan berlangsung di Auditroium Zahari MZ pukul 13.00 WIB.

Penerima undangan juga diminta hadir 30 menit sebelum acara dimulai, juga yang menjadi dresscode catatan pada surat tersebut adalah Pakaian Sipil Lengkap (Jas).

Sekda Beltim Talafuddin saat di konfirmasikan Wartawan terkait surat tersebut, membenarkan jika besok Selasa (3/1) hari ini akan dilakukan pelantikan di ruang Auditorium Zahari Mz, pada pukul 13.00 WIB.

“Yah, benar (Terkait surat yang beredar) besok (Hari ini,red) akan dilaksanakan pelantikan pejabat,” ungkap Talafuddin melalui pesan WhatsApp kepada wartawan, Senin (2/1) kemarin.

Sekda Beltim juga mengatakan, seluruh peserta pelantikan mencapai 400 Pejabat. Pelantikan ini terkait berlakunya SOTK Pemkab Beltim berdasarkan PP 18 tahun 2016.

“Pada dasarnya seluruh jabatan struktural itu 400-an (Orang) yang dimulai dari eselon IV, III, dan II. Pelantikan ini sekaligus peresmian berlakunya SOTK baru sesuai PP 18 tahun 2016,” ujar Talafuddin.

Sebelumnya, jajaran Pemerintah Kabupaten Beltim memang dikabarkan akan melakukan perombakan pada awal 2017 ini. Kabar pun beredar pada saat Bupati Beltim Yuslih Ihza menegaskan akan melakukan perombakan dijajaran nya pada 3 Januari 2017 mendatang.

“Kami upayakan itu (tanggal 3 Januari), karena tanggal 2 Januari itu masih cuti bersama, tanggal 1 Januari itu kan libur. Ya rencananya seperti itu” ujarnya kepada sejumlah wartawan, Kamis (29/12) lalu.

Yuslih menjelaskan, yang jelas perombakan jabatan menyesuaikan dengan Perda SOTK yang baru dan itu akan dilakukan pada awal Januari. Yuslih juga mengatakan, rencana mutasi harus dipercepat karena memiliki keterkaitan dengan penggajian PNS pada bulan Januari. Mutasi akan diusahakan segera agar para PNS tidak terlambat gajian karena harus menunggu pejabat terkait dilantik sesuai SOTK terbaru.

“Perda lah selesai, Perbup sudah selesai saya tandatangani terkait SOTK baru itu. Ini harus dipercepat karena terkait penggajian itu, mau tidak mau, agak sedikit telat gajian kalau dilantik tanggal 3 Januari,” tegas Yuslih.

Ini merupakan perombakan Kabinetnya yang pertama dilakukan pada masa kepemimpinan Yuslih dan Burhanudin, dan ini wajar di lakukan secara besar besaran karena Kepemimpin yang bertagline Berlian ini berharap masa kepemimpinan nya akan membawa Kabupaten Beltim kearah yang lebih baik. (feb)