Yuslih Ihza Lengkapi Data untuk KPU

by -

*Tunjukkan Keseriusan Calon Kada, Koko Nyatakan Data Siap 90%

MANGGAR-Salah satu bakal calon kepala daerah (balon kada) pasangan Yuslih Ihza Mahendra dan Burhanuddin makin menampakkan keseriusannya untuk maju di pilkada Beltim 2015. Setidaknya, kemantapan pasangan “Berlian” itu diwujudkan dengan upaya melengkapi berkas-berkas yang masih kurang saat pendaftaran calon kada di Komisi Pemilihan Umum Belitung Timur (KPU Beltim), beberapa waktu lalu.
Pantauan Belitong Ekspres kemarin, nampak calon kada Yuslih Ihza menyampaikan sejumlah dokumen kepada Ketua Fraksi Bulan Bintang (FPBB) DPRD Beltim Koko Haryanto di ruang FBB, Kamis (7/8), siang, kemarin. “Iya benar, kami berusaha melengkapi syarat sesuai ketentuan KPUD dalam pencalonan kada di Beltim ini,’’ ungkap Yuslih yang juga anggota DPRD Provinsi Bangka Belitung dua periode tersebut kepada BE, kemarin.
Beberapa dokumen penting yang diserahkan ke Koko Haryanto dan selanjutnya akan dikonsultasikan ke KPUD yakni soal Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) dari Yuslih Ihza. “Dengan dokumen lengkap ini, kami optimis bisa lolos dalam penetapan calon pilkada yang akan diumumkan KPUD 24 Agustus mendatang,’’ papar Yuslih yang juga kakak Pakar hukum tata negara Profesor Yusril  Ihza Mahendra ini.
Soal proses pengunduran dirinya dari keaggotaan DPRD, sesuai peraturan, itu tetap akan diurus. “Sampai kini kita urus soal prosedur pengunduran diri bagi calon kada. Hanya saja peraturan sudah mengatur baru setelah penetapan oleh KPUD, proses dari MenPAN-RB akan diproses,’’ ungkap Yuslih yang maju dalam pilkada ini didukung lima Parpol, yakni PBB, Gerindra, Partai Golkar, PPP dan PAN.
Sementar itu, Koko Haryanto mengatakan, sebelum berkas ini diserahkan ke KPU Beltim, pihaknya akan  melakukan konsoltasi terlebih dahulu. Dengan demikian, proses yang dilakukan bisa efektif dan mengindari kesalahan. “Kita cek dan konsultasikan dulu ke KPU apakah berkas sudah komplit. Tapi yang jelas berkas sudah siap 90 persen termasuk berkas LHKPN,’’ ungkap Koko kepada BE di ruang FBB DPRD Beltim.(feb/***)