Zainal Ditangkap di Pondok Kebun

by -

KOBA – Polisi bergerak cepat meringkus Zainal Abidin, satu orang komplotan pelaku pencurian di konter handphone KIM Cell milik Susanto setelah setelah mendapat keterangan dari Riswandi (18) dan Emon (16) yang terlebih dulu tertangkap. Zainal merupakan pelaku sekaligus otak pencurian yang ditangkap anggota Serse Polsek Koba di pondok kebun Desa Sentrung Kabupaten Bangka Selatan (Basel),  Senin (6/4) kemarin pukul 15.00 WIB.
Kapolsek Koba, Iptu Ryan Wira Raja Pratama seizin Kapolres AKBP M Zainul mengatakan, penangkapan tersangka warga Kelurahan Simpang Perlang berkat pengembangan pihaknyai. “Tersangka Zainal ditangkap sedang berada di tempat persembunyiannya. Saat ditangkap, tersangka sempat berkelit jika dirinya bukannya Zainal yang dimaksud. Namun petugas tak tertipu, sebab ciri-ciri tersangka telah dikantongi, sehingga Zainal tak dapat mengelak dan digelandang ke Mapolsek Koba,” ujar Iptu Ryan kepada RB di Mapolsek Koba.
Aksi pencurian tersebut membuat Susanto pemilik konter mengalami kerugian lebih dari Rp20 juta dengan menguras 13 unit handphone dalam kondisi baru dari berbagai merk. Untuk saat ini ketiga pelaku telah diamankan di Mapolsek Koba untuk diproses dan dijerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan (curat) dengan tuntutan hukuman di atas 5 tahun kurungan penjara.
“Dari belasan HP milik Susanto yang dicuri tersebut, sementara ini kami baru berhasil mengamankan barang bukti berupa dua unit HP merek Advan warna putih. Sedangkan sisanya, telah diserahkan ke seseorang berinisial RA yang masuk ke dalam DPO dan masih dalam pengejaran kami,” tukasnya.
Sementara tersangka Zainal mengaku, bahwa dirinya bertindak sebagai eksekutor pembobol konter KIM Cell dengan  menggunakan sebilah obeng panjang melewati atap. “Saat berada dalam konter, belasan HP saya masukkan ke dalam tas. Randi dan Emon bertugas berjaga-jaga di luar untuk memastikan situasi aman. Setelah keluar kami bertiga kabur dan besoknya 11 dari total 13 HP dijual ke RA untuk dijual,” ucapnya.(and)