Zarkani Puas Dengan Pelayanan Bidan

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Dari Tahun ke Tahun Bidan Terus Tingkatkan Pelayanan

foto A. Sekda Beltim Talduddin dan para pejabat saat ,engikti senam sehat hut IBI

Sekda Beltim Talduddin dan para pejabat saat mengikuti senam sehat Hut IBI ke 64 di Halaman Kantor Camat Manggar, Jum’at (23/7) pagi.
MANGGAR – Wakil Bupati Belitung Timur (Beltim), Zarkani Mukri menyanjung perbaikan pelayanan oleh para bidan di Kabupaten Beltim. Ia menyatakan dari tahun ke tahun bidan-bidan di Kabupaten Beltim terus berbenah dan meningkatkan pelayanannya.

Hal ini diungkapkannya saat mengadiri Senam Pagi Sehat dalam rangkaian acara HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke 64, di Halaman Kantor Camat Manggar, Jum’at (23/7) pagi kemarin.

“Jika tahun-tahun awal kami memimpin, khususnya kurun empat tahun kemarin, lumayan ada beberapa sms yang komplain mengenai pelayanan bidan di Beltim ini. Baik yang sering tidak ada di tempat ataupun adanya pungutan. Namun setahun pas ujung-ujung pemerintahan kami tidak ada lagi sms untuk ibu bidan yang ‘nakal,” ungkap Zarkani.

Baca Juga:  3 Nama Pejabat Lulus Seleksi Terbuka Akan Dikirim ke KASN

Pria yang akrab dipanggil Pak Kani ini menilai, angka kematian ibu hamil dan bayi di Kabupaten Beltim juga sudah dapat dieliminir. Hal ini menandakan peran bidan desa maupun puskesmas sudah cukup maksimal.

“Alhamdulilllah sudah cukup baik, memang masih ada kekurangan di sana-sini, namun yang fatal tidak ada lagi. Mereka selaku abdi pelayanan masyarakat, khususnya pelayanan dan pendampingan ibu hamil sudah jauh lebih baik, tingkatkan itu,” pintanya.

Menyambut HUT IBI ke 64 ini, Mantan Kades Suka Mandi ini berharap kegiatan yang ada bukan hanya dianggap sekedar ceremonial belaka. Namun dapat menjadi tonggak peningkatan pelayanan kesehatan kepada seluruh  masyarakat.

“Kepada Ibu-ibu bidan ini jangan hanya melakukan kegiatan ceremonial semata. Semoga pelayanannya tetap baik ke depan, jangan lihat berapa besar penghasilannya,” katanya.

Menanggapi permintaan Wabup, Ketua Pengurus Cabang IBI Kabupaten Beltim Lindawati mengatakan akan sudah merancang berbagai program untuk peningkatan kompetesi dan mutu pelayanan bidan-bidan yang ada di Kabupaten Beltim. Sperti di antaranya dengan memberikan pelatihan peningkatan SDM, pendidikan peningkatan kompetensi bidan.

Baca Juga:  Tiga Desa di Beltim Jadi Percontohan Pangan Aman

“Kita selaku pelayan terdepan kesehatan termotivasi untuk selalu memberikan yang terbaik bagi ibu hamil dan bayi. Sesuai tema peringatan kita tahun ini yakni Mengawal 100 hari kehidupan pertama bayi dan ibu,” sebut Linda.

Sementara itu, dalam rangka menyambut HUT IBI ke 64, IBI Kabupaten Beltim menggelar rangkaian acara peringatan, seperti anjang sana, pemeriksaan pedeteksian kanker cerviks secara gratis, sunatan masal, bantuan sosial, serta seminar bidan.

Rangkaian acara ini sudah muali berlangsung sejak Bulan Ramadhan lalu. Meski HUT IBI Nasional jatuh pada 24 Juni lalu, namun puncak acara peringatan HUT IBI ke 64 Kabupaten Beltim akan berlangsung 30 Juli mendatang. (feb)

Rate this article!
Tags:
author

Author: