Zikril Sampaikan 4 Tugas Pokok Satpol PP di Masa Pandemi Covid-19 

by -
Zikril Sampaikan 4 Tugas Pokok Satpol PP di Masa Pandemi Covid-19 
Kegiatan apel personil Satpol PP Kabupaten Beltim sebagai evaluasi pelaksanaan tugas tahun 2020 sekaligus masuk kerja pertama tahun 2021. (Ist)

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Kasatpol PP Kabupaten Beltim, Zikril SS menyatakan disiplin loyalitas dan kepatuhan personil Satpol PP merupakan implementasi tugas dan fungsi terhadap pelaksanaan peratutan Perundang-Undangan. Khususnya terhadap empat tugas pokok yakni penegakan Perda, penegakan Perkada, menyelenggarakan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat.

“Apel kali ini selain sebagai apel rutin anggota dan pejabat setiap awal minggu kerja atau awal bulan kerja, juga bertepatan pula dengan memasuki awal tahun kerja 2021 serta evaluasi kinerja disiplin loyalitas dan kepatuhan terhadap tugas dan fungsi,” ungkap Zikril seusai menggelar apel personil Satpol PP, Senin (1/4) kemarin.

Zikril juga menegaskan bahwa tak kalah pentingnya wujud pelaksanaan empat tugas pokok tersebut di masa pandemi saat ini adalah melaksanakan Perbup nomor 44 tahun 2020. Hal ini merupakan tindak lanjut amanat Inpres Nomor 6 tahun 2020 berkenaan dengan penegakkan hukum disiplin Protokol Kesehatan pada masa pandemi Covid 19 dengan budaya hidup Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Kualitas capaian pelaksanaan tugas tersebut menurut mantan Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah ini, sangat ditentukan dari Integritas Kompetensi dan kualifikasi personil yang tercermin dari kemampuan melaksanakan capaian sasaran kerja pegawai (SKP), disiplin kinerja dan kepatuhan terhadap peraturan Perundang-Undangan serta standar etik Panca Wira Satuan Polisi Pamong Praja Indonesia.

“Sejak Senin 4 Januari 2021 Satpol PP Beltim mendapat tambahan 2 praja baru dari formasi CPNS tahun 2019 terdiri dari 1 personil Pejabat Fungsional Ahli S1 Hukum dan 1 personil fungsional Pamong Praja kualifikasi SLTA/Terampil,” kata Zikril.

Sebagai penegak Perda, Satpol PP ikut serta menjaga dan meningkatkan bangunan Integritas sinergitasdengan institusi Polri/TNI, Kejaksaan, unsur Kementerian dan Lembaga Negara yang ada di daerah. “Sangat penting dijaga, tanpa dukungan sinergitas kerja yang nyata maka mustahil Satpol PP sebagai bagian dari Organisasi Perangkat Daerah bisa melaksanakan tugas,” ucapnya.

Pada tahun kerja 2021, evaluasi data rekam jejak, kinerja disiplin dan kepatuhan jajarannya dalam melaksanakan tugas selama tahun 2020 yang lalu akan disampaikan secara resmi kepada kepala daerah. “Sekaligus paparan langsung kepada pimpinan sebagai pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas kepemimpinan selama tahun 2019 dan 2020,” tutup Zikril. (msi)