Zona Hijau Belitung Tertunda, Pasien Positif Bertambah Dua

by -
Zona Hijau Belitung Tertunda, Pasien Positif Bertambah Dua
Bupati Belitung, H Sahani Saleh bertindak selaku inspektur upacara peringatan HUT Ke-75 RI

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kabupaten Belitung dipending menuju Zona Hijau virus Corona atau Covid-19. Sebelumnya yang tinggal menyisakan 1 pasien, kini kasus positif Covid-19 kembali bertambah 2 orang.

Penambahan 2 pasien baru positif Corona diumumkan Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/8). Kepastian itu, berdasarkan pemeriksaan Uji PCR Spesimen Swab tenggorokan di Laboratorium Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terhadap pasien suspect Covid-19 di Kabupaten Belitung, diperoleh hasil 2 pasien positif Covid-19.

“Pasien 1384 inisial MR laki-laki 20 tahun, hasil swab positif dan dirawat di SKB. Kemudian pasien 1393 inisial AZI Laki- laki 14 tahun, hasil swab positif dan isolasi mandiri,” kata H. Sahani Saleh, yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Belitung.

Bupati yang karib disapa Sanem menjelaskan, pasien dengan nomor 1384 berinisial MR adalah seorang pasien laki-laki yang bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK) di KM Sejahtera 31. Kapal itu berlabuh di Buih Hijau depan Tanjungpendam lebih kurang 3 mil laut dari Tanjungpandan.

Pada 13 Agustus 2020 pasien diambil swab ke-1. Kemudian pada tanggal 14 Agustus 2020 telah dilakukan pengambilan swab ke-2 di SKB Perawas, sekaligus guna
pemeriksaan PCR di Laboratorium Kesehatan Provinsi Kepulauan (Labkes Babel). “Dan, pada tanggal 15 Agustus 2020 dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19,” jelasnya.

Selanjutnya, pasien kedua dengan Nomor 1393 berinisial AZI. Dia adalah seorang pasien laki-laki berstatus pelajar yang bertempat tinggal di Jalan Gajah Mada
Tanjungpandan. Pada 13 Agustus 2020 pasien 1384 telah dilakukan pengambilan swab ke-1.

“Tanggal 14 Agustus 2020 pasien ini juga telah dilakukan pengambilan Swab ke-2 di SKB Perawas, sekaligus guna pemeriksaan PCR di Labkes Babel. “Dan, pada
Tanggal 15 Agustus dinyatakan 2020 pasien terkonfirmasi Positif Covid-19,” bebernya.

Oleh karena itu, pada momentum memperingati Hari Kemerdekaan yang ke-75 Republik Indonesia ini, Sanem mengajak kepada seluruh masyarakat Belitung, agar senantiasa waspada dan mematuhi protokol kesehatan.

“Semoga makna dan berkah merdeka, Allah SWT senantiasa melindungi kita semua, sehingga terbebas dari segala hal sakit-penyakit dan pandemi Covid-19 segera berlalu,” pungkas Sanem. (dod)