Zulfikar Tingkatkan Kualitas Aparat Desa

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

TANJUNGPANDAN- Pemerintah Desa Perawas akan terus melakukan inisiatif dalam meningkatkan kualitas aparat desanya.  Inisiatif  rencana peningkatan kualitas tersebut segera dilakukan mulai dari tingkat Kepala Dusun (Kadus) hingga pada tingkat RT (Rukun Tetangga) dan RW (Rukun Warga).

Kepala Desa Perawas Zulfikar mengatakan, era kepemimpinan desa diperlukan sebuah perubahan secara mendasar dan signifikan. Misalnya mulai dari pembangunan Kantor Desa, kualitas aparat desa, sampai pada pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat.

banner 1200x200

“Setiap dekade kepemimpinan Kepala Desa Perawas, Kantor Desa-nya dari dulu hingga sekarang. Belum ada pembangunan Kantor Desa Baru. Karena itu, harus ada gebrakan perubahan baru,” ucap Zulfikar kepada BE, Kamis (5/2) kemarin.

Zulfikar mengatakan, rencana pembangunan kantor desa baru yang sudah tersedia saat ini, baru sebatas lokasi Kantor. Namun, surat keterangan tanah (SKT-nya) sudah tak bermasalah.

Baca Juga:  KSOP Tanjungpandan Optimalkan layanan Penerbitan Pas Kecil

“Tinggal, menunggu usulan anggaran di Musrembang Kecamatan kemarin. Kita (Desa Perawas,red) berharap semoga anggarannya ada. Makanya, kami disuruh sabar saja,” katanya.

Dia menginginkan setiap pergantian Kepala Desa, paling tidak ada bukti nyata dari kepememimpinan ketika masa jabatan berakhir. “Ya, setidaknya ada kesan lah. Mestinya, bukti kongkret dari pembangunan di desa itu ada. Gitu,” ucapnya.

lebih lanjut Zulfikar mengatakan, sebagai Kepala Desa, ia akan mencoba memulai inisiatif dan mengajak aparat Desa Perawas. Untuk bersama-sama mengawal rencana program pemerintah daerah, demi kemajuan Desa Perawas.

“Jadi, sesuai dengan Motto-nya PERAWAS. Yaitu, patriotisme, elok, ramah, aktif, wibawa, aman dan sejahtera,” terang kades yang belum lama ini menyelenggarakan acara pesta kuliner rakyat di Desanya.

Baca Juga:  Kasdim Belitung, Tanamkan Nilai Patriotisme dan Cinta Tanah Air

Selain itu, sebagai Pemimpin di Desa, Ia tak henti-hentinya terus melakukan upaya pembangunan desa yang berorientasi pada pemberdayaan aparat desa. “Untuk Desa Perawas ini RT-nya ada 23 orang, RW-nya ada 8 orang. Terus, Kepala Dusunnya ada  4 orang. Jadi, semuanya itu harus siap diberdayakan,” tegasnya.

Zulfikar menambahkan, anggaran untuk pembangunan desa tahun 2015 ini lebih diprioritaskan dalam bentuk pembangunan non fisik. Seperti peningkatan fasilitas desa dan pembangunan kualitas aparat desa. Namun, dari segi aspek pembangunan fisik tersebut, perlu ada penyeragaman bagi setiap desa. “Artinya, tidak ada diskriminasi atau pandang bulu. Karena, tujuannya sama-sama untuk peningkatan pelayanan masyarakat,” tandasnya. (mg2)

Tags:
author

Author: